Minggu, 02 September 2012

Sepercik Harapan untuk Semua

Selamat Malam Rekans MPers..

Sepertinya saya melihat dalam beberapa rentang waktu ini, trafik MP jelas mereda, karena teman-teman lain sibuk untuk memindahkan dan bersosialisasi di rumah baru. Namun juga ada beberapa rekan yang tetap aktif di sini. Saya juga melihat bahwa tentang fasilitas gambar MP, sudah mulai bermasalah. Beberapa link gambar juga hilang. Entahlah apakah staff MP benar-benar akan segera menghapus fasilitas itu, atau memang staff MP makin tidak mampu mengurus akun-akun kita. Tapi, ya sudahlah...

Sesuai dengan yang saya janjikan, bahwasanya saya akan mencoba start membuat sebuah ruangan untuk rekan-rekan semua agar kita tetap bisa berkumpul dan bercengkrama sesuai adat yang telah biasa kita lalui. Ber OOT, mengadakan lomba, membuat kegiatan dan mengumpulkan dana, dan lain sebagainya.

Posting ini sengaja saya tujukan agar teman-teman tidak berputus asa akan sebuah pengganti, jika barangkali pengganti itu memang masih dibutuhkan. Bahwasanya disela kegiatan saya yang tidak giat ini, telah mulai terbentuk sebuah core aplikasi sistem perkawanan sosial yang baru. Semula saya melakukan pemilahan penggunaan CMS, mulai dari mencoba :
  1. Custom Forum, dari jenis phpBB, SMF dan lain sebagainya
  2. Wordpress dengan plugins BuddyPress
  3. LiveStreet
  4. Joomla
  5. dll
Namun karena tidak gampang mengkonfigurasi semua itu hingga mendekati situs MP yang telah kita familiarisasikan, sepertinya akhirnya saya memilih scratch coding yang saya lakukan benar-benar coding dari awal, meski penguasaan programming saya tidak terlalu baik. Dengan menggunakan simple coding, hingga sekarang telah mencapai beberapa perkembangan. Harapan saya, dalam dua atau tiga bulan, atau semoga lebih cepat lagi, sistem aplikasi perkawanan sosial kita yang baru akan segera dapat diburning test oleh rekan-rekan semua. Mungkin bisa saja saya terlalu gegabah melakukan hal ini karena tidak melalui konfirmasi teman-teman. Namun saya beranggapan bahwa semua butuh startup. Masukan akan muncul setelah startup datang. Saya pun tidak mengambil pusing, jika suatu ketika apa yang di devel ini tidak digunakan karena suatu hal, meski harapan saya sistem ini akan digunakan, sesuai dengan cita-cita saya : bermanfaat bagi orang lain. Kelak, ketika harus digunakan, saya ingin duduk bersama rekan-rekan agar turut menjaga dan memiliki bersama, karena memang dibangun berdasar nasib kita bersama.

Seperti cerita saya sebelumnya, bahwa sistem ini mengambil akun-akun dari masukan forum yang telah kita isi bersama di http://forummp.bimosaurus.com atau http://oot.republikmultinesia.com. Secara tampilan kasar panelboard ada contoh di http://republikmultinesia.com/demo. Sesuai dengan etika juga, selaku developer, saya juga berkomitmen tidak akan mencoba-coba membongkar enkripsi password yang telah rekan-rekan sign, juga data-data pribadi yang telah di submit dalam forum tersebut. Harapannya, etika ini juga akan berlaku untuk ke depan termasuk SDM yang kita percayai untuk mengurus hal ini.

Core system telah terbangun. Ada banyak fitur yang akan dikembangkan disini. Kita tidak sedang bermimpi lagi.. Kita sedang mewujudkannya. Fitur-fitur tersebut antara lain:

  1. Halaman Panelboard (Inbox)
  2. Homepage sesuai dengan akun masing-masing : bimosaurus.*****.com, lengkap dengan model headshot, header dan lain sebagainya. Penggunaan script javascript di halaman depan akan dipertimbangkan agar teman-teman juga bisa ber-ads ria di sana. Ada kemungkinan juga penggunaan domain lain selain republikmultinesia, yang lebih pendek untuk mempermudah sosialisasi.
  3. Blogging dengan SEO berupa tagging dan fitur SEO lainnya
  4. Photos
  5. Notes
  6. Video / audio embed
  7. PM
  8. Comments, sedang dipertimbangkan juga untuk komentar dari platform lain.
  9. View Log / History
  10. View Access: Deny All with except, Allow All with except, Contacts, Networks
  11. Fitur tag/mention yang mungkin akan diberi istilah sendiri : mark
  12. Setting : Profil, Custom CSS, Hak Akses Post, Hibernate Account
  13. Fitur/ruangan untuk para pemilik lapak online, dan project untuk para profesional juga dipertimbangkan untuk pengembangan berikutnya.
Secara detail, masih banyak fitur, yang nantinya rekan-rekan harus terlibat dalam memberikan masukan ketika versi 1.0 telah dinyatakan masuk masa uji coba. Kita juga akan mengembangkannya ke dalam Mobile Web version setelah versi Web Desktop telah dapat diuji-coba.

Bahkan, bersenjatakan search engine, kita akan sangat mudah menemukan hal baru yang berfungsi untuk mempercanggih fitur kita. Seperti Mobile Application, dimana nanti rekan-rekan bisa saja dengan mudah mengabadikan sebuah momen seperti pada instagram atau 4square, atau setidaknya ada integrasi ke dalamnya. Itu adalah masih mimpi yang pastinya rugi jika tidak kita wujudkan. Karena secara teknis, seluruhnya ada tutorialnya. Saya tidak ingin muluk-muluk. Setidaknya ruang blogging dan bersocial networking harus dapat diwujudkan secepatnya sebelum tanggal 1 Desember. Fitur import blogging juga masuk dalam daftar pertimbangan, meskipun untuk yang satu ini, masih blank dalam bayangan saya. Segala perkembangan akan dilakukan secara bertahap. Bukannya langkah ke seribu dimulai dari langkah pertama?


Saya tidak bermaksud apapun dalam posting ini, selain membangkitkan lagi harapan rekan-rekan untuk terus bersilaturahmi antar kita sendiri. Kejadian harus kukutnya MP tanggal 1 Desember memang bukan saja membuat kita lebih sadar akan tidak kekalnya apa yang di dunia maya. Kita juga butuh ruangan lain dimana satu ruangan hilang, kita telah ada cadangannya. Namun memang kita terlanjur termanjakan fitur MP yang cenderung berbeda dengan yang lain ini. Saya juga berharap, posting ini dapat mengajak andilnya sebagian teman yang memiliki keahlian dalam pengelolaan server, pemrograman server side PHP, sistem database apapun, bahasa client side javascript, HTML, CSS, Mobile Web Development, Mobile Apps Development atau sejenisnya. Karena nantinya kita juga akan membutuhkan itu semua, termasuk penyediaan template dasar sebelum akan di custom CSS oleh teman-teman sendiri.

Semua berharap dan semoga apa yang kita upayakan, akan menjadi kenyataan... Kadang banyak hal yang ketika dibayangkan mudah dan dikerjakan susah. Namun ada hal yang ternyata ketika dikerjakan sangat asyik, meskipun sesungguhnya berat, menjadi ringan, tidak seperti seberat yang dibayangkan.. Mari menjaga Mood dan Semangat masing-masing.. Harapan saya dalam akhir bulan ini, akan ada yang bisa teman-teman icip dari sistem kita yang baru.

Selamat malam, semoga berkenan...

108 komentar:

  1. dibaca staff ya luweh.. sing penting posting

    BalasHapus
  2. manteep om, btw sharing codenya dung, kali2 sy bs urun 'ngruwetin'
    :D

    BalasHapus
  3. aku bantu doa ya kang, mudah2an ruang baru untuk mpers bisa segera terwujud sehingga silahturahmi yg sudah terjalin tidak terputus, amin

    BalasHapus
  4. haha.. still waiting wae lah..
    tapi cukuplah di blogspot, simple.. meski ga sekeren mp..

    BalasHapus
  5. Jempolku ra uwis-uwis ngacung nggo sampeyan, kang...

    BalasHapus
  6. salut bt usaha mas bimo merekatkan kembali temen2 mpers.. lem kali direkatkan, huehehe

    BalasHapus
  7. Semoga smeuanya dimudahkan yah, Mas. Senantiasa sehat

    BalasHapus
  8. Matur nuwun, Kang Bimo atas segala upayanya untuk membangun kembali rumah baru kita dari nol. Sungguh suatu usaha yang sangat luar biasa dan sangat layak untuk diacungi jempol, meski aku yakin bukan itu yang sampeyan tuju. Allah yang akan membalas segala budi baik sampeyan, Kang.

    Yap, semangat bangkit kembali meski sudah terusir, tercampakkan, itu yang harus terus kita pelihara. Jangan biarkan Mulpid mengacak2 batin dan melemahkan kita meski mereka sudah berhasil merenggut salah satu hiburan batin kita, MP.

    BalasHapus
  9. Ah Mamah, aku cemburu. Kemarin bilangnya padaku. *menunduk sedih*

    BalasHapus
  10. Golek wisik nangnDieng neh yo...
    Kae @Shasha ngajak munggah mengko awan je...

    BalasHapus
  11. Salut atas jerih payahnya...
    Semoga berhasil.

    BalasHapus
  12. keren neh ide & semangat yg mas Bimo terlurkan. saya berharap web rancanganm Lik Bimo bs segera dibajak Yahoo :-)

    BalasHapus
  13. mas, bisa saya minta emailnya ? :)

    BalasHapus
  14. iya mbak, ntar mbak shanti mesti terlibat kok dalam pengembangan, terutama TESTING hahaaha

    BalasHapus
  15. aku blogspot lara ati.. bimosaurus.blogspot ku dinggo wong, padahal mbiyen isine nggonku

    BalasHapus
  16. ngati ati lho jempole temumulen mengko

    BalasHapus
  17. Pertama adalah nekad, kedua adalah minta doa hahahahaa

    BalasHapus
  18. ya karena sayang saja teman - teman berhamburan ke mana mana, padahal harusnya tetap bisa dikumpulkan :)

    BalasHapus
  19. amiien jga

    *sambil sisa batuk semalam

    BalasHapus
  20. amien anaz!.. semoga bisa sangat support dengan blogging.. dan bisa dikenal sebagai situs blogging

    BalasHapus
  21. Yes mbak Irma, amiin.. bagi saya, jaringan ini tidak sekedar hiburan. Karena banyak teman teman saya yang justru berasal dari dunia MP ini. Hampir semua proyekan saya yang sekarang mungkin tidak ada tanpa distart jaringan oleh MP... :) Ini tempat silaturahmi kita...

    BalasHapus
  22. Memang semua berharap.. dan harusnya kita bisa.... eh mbak, jarene njenengan juragan wungkal ya? aku perlu nggo nindihi tutup panganan nang omah ben ra dirayah tickus :D

    BalasHapus
  23. thingak-thinguk... konangan ibune zaki autorefot...

    BalasHapus
  24. Bung, SMS e lagi kentekan fulsa... maturnuwun beritane yaaaa.... Lanjud!!

    BalasHapus
  25. amieeen... dan semoga bermanfaat tanpa perlu memberatkan...

    BalasHapus
  26. :-? kalau sampai ada yang mau beli, mending dikasih sourcecode nya saja hahaha..

    jaringan kita terlanjur eman eman jeee... semoga jangan sampai dijual... menghindari pez babak dua.. naudzubillah...

    BalasHapus
  27. Salam kenal ya
    Mau berguru bikin membership site, boleeeh yaaaaa :)

    BalasHapus
  28. terima kasih utk usaha kerasnya, pastinya kita tetap mendukung.. :)

    BalasHapus
  29. dengan senang hati, tapi saya masih ecek2 lhooooo :)

    BalasHapus
  30. terimakasih juga... semoga bisa lekas jadi ... :)

    BalasHapus
  31. Aku nyumbang apa ya?
    Gini aja Bim,.. kalo udah buntu ketemu persoalan IT, aku bisa sewaktu-waktu ditelpon.





    *untuk ngobrolin yg laen, bukan IT. Hahahahha...

    BalasHapus
  32. bener itu cak... lha sampean kapan je di Jogja maning...

    BalasHapus
  33. september atau oktober, aku usahain.

    BalasHapus
  34. iki wis september.... :D pokok e tenin lho... pengin tak temoni tenan, gawakke golok, kon motoshop golok

    BalasHapus
  35. yo jelang akhir sept. semoga ntar ketemu mas bro.. :)

    BalasHapus
  36. Wahhhh....yg mau kopdar jelang akhir september...*meri, ora diajak*

    BalasHapus
  37. Hebat mas ide pembuatan rumah bermain baru buat teman2 MPers! Keren bgt. 2 jempol sebagai tanda salut saya pada ide, usaha dan perhatian serta rasa sayang mas kepada teman2 semua.

    BalasHapus
  38. amiiin... eh nang kafe ngendi hahahahaha...

    BalasHapus
  39. ya sudah, ayo mbak sekalian kopdaran hahahaa...

    BalasHapus
  40. Btw...waktu itu saya sdh ndaftar...tapi dasar lalen...pakai email apa ya...hmm...musti cari, blm kulino jg..:)

    BalasHapus
  41. hmm tentang teman-teman di MP, saya memiliki kesan sendiri. Hampir seluruhnya adalah teman maya yang menjadi nyata.. bahkan di saat saya sulit sesulitnya, teman teman MP juga yang setidaknya menghibur dan bahkan membantu saya hingga secara nyata dan fisik sekalipun.. Sepertinya ini waktu yang tepat untuk membalas mereka ... seluruhnya..

    BalasHapus
  42. salam kenal mas, blm invite ternyata, meski saya sudah sering tau nama mas di dunia MP ini. Ijin invite, sebelum 1 Des itu tiba :D

    BalasHapus
  43. coba mbak ntar tak carinya :D, nanti saya pm

    BalasHapus
  44. siap mbak, sebenarnya kita semua saling 'paham' hanya saja memang kadang sering tidak sadar , ini kontak atau bukan hahahaha...

    BalasHapus
  45. Hiburan batin itu level 1-nya, Mas, level selanjutnya salah satunya ya seperti yang sampeyan alami.

    BalasHapus
  46. siip...tak nggolek tiket sik yo mas..*nggaya*

    BalasHapus
  47. Ge-er tenan iki. Kemaren Mahdep bilang padamu-padamu (negeri....kami berjanjiii) itu ke aku. Makanya sekarang kok bilang gitu ke Kang Bimo? Jelas aku jeles.

    BalasHapus
  48. Aku sudah mau ngenyek, eh gak jadi.

    BalasHapus
  49. Bookmark....
    biar update terus :)

    Salam kenal, lik Bimosaurus

    BalasHapus
  50. Kereenn. InsyaAlloh terwujud, mas.
    Btw kenalan ya, aku tyas. Smg berkenan :)

    BalasHapus
  51. MP "mengusir" blogger karena ga punya duit utk maintenance. Nah, kita cari deh tuh "juragan tajir". saya berharap kelak bisa besar spt Kaskus. Dan Lik Bimo akan jd miliuner berkat kebaikan hatinya.
    *tsah....

    btw, segmennya ini terbuka untuk umum atau cm bikin tempat baru bagi org lama, Lik?

    BalasHapus
  52. semoga bisa segera terwujud..... mksh banyak mas bim...:)

    BalasHapus
  53. Jangan via PM! ingat mulpid dengan seenaknya bisa nembus PMmu! Ngeyel!

    BalasHapus
  54. sampe level terlena dan dibohongi pez

    BalasHapus
  55. aku kan GR an pancen .. Gawe Rujak

    BalasHapus
  56. salam kenal juga... semoga kelak bermanfaat...

    BalasHapus
  57. iya mbaktyas, semoga saja ya.. sementara amsih mengguk watuk2 ini

    BalasHapus
  58. ya terbuka untuk umum, tapi kita nanti siapkan group sesepuh MP ers hahaha... tapi bagaimana nanti di pembicaraan aja..

    BalasHapus
  59. amieen, belum2 sudah terimakasih, kan belum jadi :D

    BalasHapus
  60. PM e isine tambahan e ngene :

    yen ana mulpid ngintip, berarti pancen kirik

    BalasHapus
  61. IT yg dimaksud adalah Ilmu Terawang *ala Ki Joko Bodo

    BalasHapus
  62. IT yg dimaksud adalah Ilmu Terawang *ala Ki Joko Bodo

    BalasHapus
  63. Akhirnya berlaku quote "Blessing in Disguise"

    BalasHapus
  64. Akhirnya berlaku quote "Blessing in Disguise"

    BalasHapus
  65. dan itu lebih bagus untuk nyantet mulpid

    BalasHapus
  66. dan itu lebih bagus untuk nyantet mulpid

    BalasHapus
  67. siap mbak... sama sama senasib maka saling ngabari

    BalasHapus
  68. siap mbak... sama sama senasib maka saling ngabari

    BalasHapus
  69. masih error nggak ya? gembus tenan admin e

    BalasHapus
  70. masih error nggak ya? gembus tenan admin e

    BalasHapus
  71. sip lah....nek ana urunan kandani ya..

    BalasHapus
  72. sip lah....nek ana urunan kandani ya..

    BalasHapus
  73. DI inbox gak ada update terkini padahal kenyatannya dah nambah komentar....

    BalasHapus
  74. DI inbox gak ada update terkini padahal kenyatannya dah nambah komentar....

    BalasHapus
  75. Bajinguk, double komentar.
    Mobile version gak ada update juga

    BalasHapus
  76. Aku juga pas jawab komen di beberapa lapak dan lapak sendiri, ada pesan mak erot. Hi...hi...hi... kalau di perpus dan sudah jam tutup, biasanya lampu ruangannya dimaiin, idupin, matiin, idupin...tanda pengusiran halus.

    BalasHapus
  77. Aku juga pas jawab komen di beberapa lapak dan lapak sendiri, ada pesan mak erot. Hi...hi...hi... kalau di perpus dan sudah jam tutup, biasanya lampu ruangannya dimaiin, idupin, matiin, idupin...tanda pengusiran halus.

    BalasHapus
  78. sementara ora lah.. urun donga sik..

    BalasHapus
  79. jangan jangan perbuatan hacker? qkqkqkqkqk

    BalasHapus
  80. suk kita usir dari indonesia raya

    BalasHapus
  81. perasaan jumlah komen 75 kok mbak irma bisa dapat angka bagus 100 ki piye...

    BalasHapus
  82. Gara2 Mak Erot, Kang. Atau adminnya sayang sama aku.

    BalasHapus
  83. tes
    masih error gak nih komennya?

    BalasHapus
  84. eh udah ndak ternyata
    makasi usahanya mas
    saya siap mendukung asal jangan diminta diskusi soal IT hihihi

    BalasHapus
  85. Hidup Mas Bimoooo...!
    Ngewangi opo yo..? mijeti wae po Mas..

    BalasHapus
  86. Senangnya kalau ruang baru ini bisa terwujud.
    Saya ikut sign up didalamnya, boleh ya?

    Makasihhh sudah boleh ikut nimbrung di sini.
    Juga Pak Ohtrie, terima kasih sudah menghubungkan saya ke sini :)

    BalasHapus
  87. mendukung sekali mas bimo, jika ini dapat dilaksanakan...*amiiin...

    jangan lupa, kalau nanti jadi, terus ada tim managementnya, juga bikin tim hukumnya..:)

    *ntar kejadian kayak perebutan "facebook" oleh anak2 havard itu lho.. hehehe (gak lebay sih, cuma mengantisipasi...:)

    senangnya bisa punya tempat kumpul lagi bareng eks mpers...:)

    BalasHapus
  88. harapan baru lagi nih... horeee.... *berharap*

    BalasHapus