Rabu, 16 Desember 2009

Menghargai Hasil Karya Sendiri

Bisnis, baik jasa maupun jual beli kadang menuntut kita menerapkan satu hal: PRINSIP EKONOMI, yang salah satunya adalah : dengan effort sekecilnya atau pengeluaran sekecil mungkin , menghasilkan keuntungan sebesar mungkin.

Namun kadang, persaingan dagang , atau persaingan jasa, menuntut kita juga akhirnya melakukan perbuatan berbahaya: banting harga. Tradisi banting harga ini luar biasa sekali, bahkan banyak produsen-produsen yang siap banting harga dibawah harga produksi, asal musuh mereka mati duluan.. Sehatkah cara ini?

Sebagai pemain bisnis IT dan buruh IT sekaligus, Jogja merupakan jamur dimana para pebisnis IT bermain dengan harga banting-bantingan. Ongkos standard sambungan 1 titik yang standardnya 200.000 rupiah pun, habis di Jogja menjadi harga borongan, yang kalau per titik akhirnya hanya 10 ribu rupiah.

Banting harga, selama tidak mengganggu harga produksi, terutama bisnis jasa, memang akan menguntungkan sekali pada sisi client untuk memilih. Namun akhirnya banyak bermunculan masalah dari harga bantingan tersebut:

  1. Effort pelaksana yang akhirnya dihargai kecil, itu tidak sebanding dengan produk yang laku makin banyak. Effort tinggi, keuntungan tidak maksimal
  2. Tidak menghargai hasil karya sendiri. Kata teman saya : "Belajarlah menghargai hasil karya sendiri"
  3. Banting harga memang menarik pada konsumen. Namun pada akhirnya nilai jaminan dan service dari produk itu sendri yang akan jatuh juga. Telkom Speedy mungkin juga telah pada titik tersebut. Banyak sekali webhosting dan ISP yang saya lihat, ketika kecil harga lumayan mahal service bagus, dan ketika mulai banting harga, banyak pelanggan malah sering down: IDWebhost, ArdHosting, dan beberapa ISP di Jogja juga menunjukkan itu.

Mungkin masih banyak poin yang perlu diperhatikan dengan membanting harga.. Dan mulai sekarang, kenalilah kemampuan diri, hargai diri sendiri, dan mulai berani bicara:"Saya punya harga sekian, service seperti ini dan ini. Kalau turun harga, tidak berani jauh jauh.. Jika anda tidak setuju dengan harga ini, mungkin saya bukan orang yang tepat untuk menghandle anda.."

35 komentar:

  1. I think we should do this.
    *kudu banyak belajar jg niy*
    tp akur Mas... hargailah diri sendiri, kalo gak diri sendiri yang menghargai, siapa lagi?

    BalasHapus
  2. nice posting Om..
    asal tidak membanting harga diri sampai berantakana saja...

    BalasHapus
  3. iya mbak.. kadang kita banting harga bukan apaapa tapi karena SERAKAH.. betapa banyak software house di Jogja yang banting harga, yang penting orang lain nggak dapat, tapi akhirnya order menumpuk di kita dan kita tidak bisa mengerjakan.. sementara kadang gaji karyawan saja masih lebih tinggi dari harga produk yang harus di handle karyawan

    BalasHapus
  4. sialnya mas, itu yang sering terjadi di lingkungan bisnis di Indonesia ini

    BalasHapus
  5. all the best Mas...semangat....bersabar lah..

    BalasHapus
  6. semua yang ada di MP ini saya ingin sekali konstruktif untuk bangsa.. persaingan, selama sehat dan konsatruktif, tentu akan menghasilkan kebaikan bersama :)

    BalasHapus
  7. sekaligus :D mumpung ingat, sekalian sharing degan yang lain

    BalasHapus
  8. Tp kadang, kl diliat dr sisi lain, pas BU gmn tuh :P

    BalasHapus
  9. setau saya kalau dumping khan murah di luar, mahal di dalam gitu mas, ndak tahu kalau Indonesia nggak jelas :D

    BalasHapus
  10. mungkin itu insidensial ya mbak.. cuma kalau yang 'paket jualan' nya lah istilahnya.. itu yang memusingkan kalau banting harga..

    BalasHapus
  11. iya.. buat lawan usaha murah.. tapi buat sendiri mahal....

    BalasHapus
  12. Hmm disini kita bicarin Barang Or Harga pemrograman? huehehehe.. beda soalna :P
    Eh dikau di bidang apaan? eh ngapain maksudna?

    BalasHapus
  13. cuma mas yang saya salut adalah dengan konsep para opensourcer :D gratis, mutu bagus, nggak ada yang mengeluh heheheh

    BalasHapus
  14. saya buruh IT mbak jhehehehehe.. barang juga bisa, produk soft copy juga bisa.. barang seperti pulsa.. ada teman saya yang jual lebih rendah dari harga ambilnya.. dengan niat orang lari ke dia dullu

    BalasHapus
  15. yah semua kembali pada tujuan bisnisnya ..

    BalasHapus
  16. Kalau saya buruh IT en Design en macem2 dech.. *halah jd curhat jg*
    Kl kayak getu mah kaga bener, masa dagang rugi? itu mah bukan pedagang :(
    Gak bener.... bilangin aja. itu mah dah melawan prinsio dagang, kl msh untung gpp.
    *Yach... jd ikutan emosi :p

    BalasHapus
  17. kalau untuk amal juga mengapa dihargai mahal juga ya :D

    BalasHapus
  18. sering sekali hal seperti itu justru sengaja digunakan untuk merusak harga pasar .. nah itulah perlunya kita tetap teguh dengan harga kita :D *ngayal

    BalasHapus
  19. ya karna dibalik amal itu ada tujuan yg lain pula tuh

    BalasHapus
  20. sayangnya.. susah cr pelanggan kl dah ada yang banting harga
    HUH

    BalasHapus
  21. gini mbak.. mungkin sebagai contoh, kalau saya punya uang ya saya tidak akan pake speedy yang bantng harga .. tapi kadang memang kondisi keuangan konsumen dan daya belinya cuma sekelas speedy :D hehehe..

    sebagai contoh aja sih ini :D

    BalasHapus
  22. Hmmm ya ya ya... *manggut2 setuju
    Kayaknya kudu ada perkumpulan org IT en Design dech
    biar bisa nyamain harga pasar (ini dah melenceng dr bahasan situ siy)
    krn kadang bingung jg ngasih harga brp .. krn pasarannya absurd banget

    BalasHapus
  23. ya tadi itu contoh saja sih mbak.. dulu di Jogja ada banting2an harga warnet.. dan akhirnya persatuan warnet jogja membuat standard harga, malam tidak boleh kurang dari 2500 dan pagi tidak boleh kurang dari 3500. Tetep aja ada ang pake harga 1500

    Namun ketika pemain besar datang membawa harga 4000, ternyata laku juga kok mbak..banyak dan karena servicenya bagus, akhirnya mereka juga untung

    BalasHapus
  24. Tapi,kebnyakan pada minta diskon je :( kadang juga tak liat keadaan customer,kalo lapaknya rame dan laku tak pertahanin harga bkin themes atau link banner sekian2,kalo yg sepi tak murahin.Eh tp udah d ks harga enteng mintanya berat banget :(

    BalasHapus
  25. kudune ono rego ono rupo toh....?
    lah masalahe pelanggan njaluk murah terus sih...kabeh malah....nganti sing kudune larang pokokmen piye carane kudu murah....
    mental murahan kali yoooo.....?

    BalasHapus
  26. iya sih mbak.. mungkin njenengan sebagai pelaku bisnis pernah merasakan itu di luaran sana.. tapi kalau sampe mepet harga produksi atau lebih rendah ya ciloko to mbak

    BalasHapus
  27. nai iki mas.. bener ketoke rego ki berbanding lurus dengan rupo..

    BalasHapus
  28. he he he, padahal aku gak baca isine blog, tak baca baris terakhir thok, wkkwkkkkk..........

    BalasHapus