Rabu, 08 Agustus 2012

[masih posting] MENATA HATI dan HARAPAN bagi TEMAN-TEMAN

Edisi CURHAT !!


Saya bergabung dengan multiply di masa lalu karena fasilitas Blog dan Social Networkingnya. Saat itu masih ada almarhum Friendster yang sekarang beralih jadi situs Game. Saya tidak menyangka bahwa Multiply akan mengikuti langkah Friendster disaat masih digemari oleh para membernya.
Member MP termasuk amat setia dan militan. Mereka bisa hidup di dunia maya tanpa Facebook dan situs perkawanan sosial yang lain.

Tahun 2008 an fasilitas download musik dipersulit, kami masih sangat menerima dengan wajar. Tidak ada protes disana. Mulai dari link download yang hilang, hingga akhirnya benar-benar sulit. Kami mengeluh tapi kami tahu diri. Berikutnya, mulai ada Online Seller, dimana kami juga masih memandang wajar bahwa fitur multiply yang digemari para pembuka lapak Online adalah penyajian gambar disertai dengan Blog dan dapat dikomen yang membuat keadaan lebih ramah.

2011, diwarnai dengan take over id indonesia.multiply.com untuk keperluan profit para staf, dibukalah cabang Multiply di Indonesia. Dengan kisah Dart Vader dan SumitroGate yang dikenal teman-teman itu, kami pun protes keras yang diwarnai juga dengan pocong gate yang amat dibenci itu. Tak berapa lama kemudian kami mendengar bahwa Multiply akan berkantor pusat di Jakarta. Semua ini juga kami sadari bahwa kebutuhan operasional MP yang dulu 'mungkin' mepet dan akhirnya harus masuk ke ranah profit.

2012, pekan ini, sungguh-sunggu terjadi berita bahwa Fitur-fitur untuk blogger akan dihapus.. tapi entah apa yang berkembang dan setahu kami bahwa fitur blog dll tersebut masih akan ada untuk Online Seller. Kamipun sadar diri, ini free service yang menggiring kami menuju ke arah yang mereka inginkan.

Saya termasuk orang yang kaku. Sesuatu yang bersifat tidak sesuai dengan hati, saya akan protes dan berontak dengan yang saya bisa. Dengan hal yang kasar pun saya pernah melakukan. Namun jika pada akhirnya memang saya dipaksa untuk lebih tahu diri mengikuti aturan dan saya tidak setuju dengan aturan tersebut, saya benar-benar akan meninggalkan. Jangankan blogging. Urusan hidup nyata saja saya sudah sering resign dan desersi dari tempat kerja saya, hanya karena urusan ketidakcocokan kondisi. Jika bukan karena teman-teman dan kontak disini yang masih aktif bersama bercanda dan berdiskusi, tentu saya sudah cancel account tanpa perlu berpikir backup segala. Toh fitur canggih Multiply yang ada bukan karya orang-orang MP sekarang. Saya akui fitur yang ada cukup enak untuk bersocial networking. Seperti viewing history, Inbox, Video, proses menata halaman depan, penampilan Photos, music dan lain sebagainya. Meski itu juga akan musnah ditelan ketololan.

Ya, kita tunggu... kelak cerita tentang bencana Merapi, tentang dipertemukannya saya dengan teman-teman berkarakter, kisah-kisah pocong,  dan lain sebagainya, benar-benar hanya akan menjadi cerita. Semoga masih sempat backup.. Sekali lagi sepertinya saya harus sadar diri, ketika protes tidak lagi didengar, maka sadar bahwa ini fasilitas juga numpang (meski banyak tumpangan lain yang juga gratis), maka, meski pemilik situs ini menggunakan cara idiot sekalipun, sepertinya  lebih baik bagi saya untuk segera pergi. Cara paling enak mengikhlaskannya adalah dengan memahami bahwa para admin tak cukup pandai lagi mengelola super Social Net ini.    

Tunggu cerita saya siang ini tentang sebuah ORKES SAKIT HATI dan sedikit harapan untuk teman-teman.. Lebih baik menyalakan lentera daripada sekedar mengutuki kegelapan..


tambahan-edit

Point lagi

Saya bukan tidak suka dengan OS atau menjadi OS. Sebesar-besar penghargaan saya pada teman-teman baik blogger maupun OS. Tapi dengan status kita digiring menjadi sesuatu entah OS atau apalah, jangan-jangan suatu ketika kita nurut saja disuruh menjadi member dengan status ANJING - justkidding - sesuai dengan keinginan mereka terhadap kita, untuk kepentingan kapitalis mereka.

BERSAMBUNG YA...


bimosaurus
9 Agustus 2012

22 komentar:

  1. ah, jadi pengen mewek. *padahal maren dah pede jaya sok tegar*

    ngomongin tentang empe emang ga akan abis cerita.

    BalasHapus
  2. nyante jeng Lin, tuh postingan ini kuupdate... Saya tetep pengin lanjut silaturahim dengan teman teman kok.. Tentu ya jer basuki ora kudu lewat mulkipli

    BalasHapus
  3. *ikutan emosional*

    *elap air mata*

    BalasHapus
  4. kekekek... daripada nangis nanti, mending kita jitak stef sekarang

    BalasHapus
  5. rencana buat domain sendiri gimana om?

    BalasHapus
  6. tunggu posting berikutnya kang, saya juga baru obrolkan ini

    BalasHapus
  7. yang pasti kl mau buat domain yg mirip, rekrut developernya multiply, heeee

    BalasHapus
  8. hahaha, jadi member premium aja nggak kuat mas.. ada langkah lain mas... atau mungkin jenengan ada ide tambahan buat temanteman

    BalasHapus
  9. yg pasti kl domain itu masalah di bandwidth dan tempat penyimpanan yg proporsional

    BalasHapus
  10. ehem kayaknya saya bisa nemu teman ngobrol yang enak.. mas Taupan, tak PM ya

    BalasHapus
  11. lah sing bisa buktikna aku pernah numpak montor mabur nguli nang korea ya mung multiply, padahal mimpi saya besok bisa buat di tunjukin ke anak jika gede ataw malah di wariskan.

    hurung pernah nemu khan anak entuk warisan blog wong tuwane

    BalasHapus
  12. loe memang kaku siy dek, tapi loe pribadi yang menyenangkan
    *peluk dek

    BalasHapus
  13. ha yo kui suk anake sing duwe multiply.com. Stefan kon dadi undhuk

    BalasHapus
  14. baru mencerna, jangan2 bupeb salah... :D

    BalasHapus
  15. qkqkqkqkqkqkqkqkq/// bupeeeb bupeb

    BalasHapus
  16. Siaaaaap...
    lawan....lawan...lawaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaan..........................
    hajaaaaaaaaaaaaaaaaaaar.......
    "kalo perlu urunan"

    BalasHapus