Senin, 24 Januari 2011

Pentingnya Tanda ` Dalam Operasi SQL

Bagi yang sering berjibaku dengan dunia database dan programming tentu sering menggunakan bahasa SQL untuk operasi databasenya. Database sendiri adalah merupakan kumpulan tabel. Tabel sendiri adalah penyimpan informasi yang disebut record, yang diklasifikasikan dalam field (kolom) tertentu. Berikut contoh satu tabel bernama tabel biodata dalam sebuah database

NIPNamaAlamat
100987MurtopoJalan Pajajaran No 3 Bandung
100786SumitroDesa Miri RT 5 RW 8


Untuk menampilkan tabel tersebut perlu dilakukan operasi SQL. Mengapa perlu bahasa SQL? karena merupakan bahasa yang bisa dimengerti oleh bahasa pemrograman lainnya. Sintaks SQL untuk tabel biodata tersebut adalah

SELECT `NIP`,`Nama`,`Alamat` FROM `biodata` WHERE `NIP` LIKE '100%';

Atau bisa juga dilakukan seperti berikut

SELECT NIP,Nama,Alamat FROM biodata WHERE NIP LIKE '100%';

Perlu diketahui bahwa tanda ` (petik miring kiri) adalah merupakan penanda bahwa yang diapit merupakan database, tabel, atau field. sedangkan petik tegak seperti ini ' merupakan penanda bahwa yang diapit adalah record data.

Lho apakah penulisan database, tabel, field harus menggunakan petik miring kanan ` ? Memang tidak harus, namun untuk menghindari kesalahan persepsi oleh SQL untuk tabel yang memiliki nama field sama dengan sintaks SQL itu sendiri, tentu HARUS dilakukan.. berikut contohnya pada tabel `table` berikut ini:

SELECTFROMINSERT
YesOtherNo
NoOther
Yes

Dengan penulisan sintaks tanpa petik kanan, dijamin kita akan mendapatkan pesan error dalam eksekusi SQLnya

SELECT SELECT,FROM,INSERT FROM table WHERE FROM='yes';

akan berbeda dengan eksekusi seperti berikut:

SELECT `SELECT`,`FROM`,`INSERT` FROM `table` WHERE `FROM`='yes';


Hanya dengan menambahkan petik miring kanan, maka SQL tidak akan rancu menentukannya.. Hal sederhana tetapi penting..

Hal lain yang sering terjadi adalah: "Apakah beda antara hurup besar dan kecil dalam operasi SQL?"
Sejauh ini saya hampir sama saja antara hurup besar dan kecil dalam SINTAKS SQL (bukan pada nama properti database seperti tabel,record dll). Misal SELECT, WHERE, FROM. Tapi untuk pemanggilan nama tabel, hendaknya sama dengan ketika tabel tersebut dibuat, karena bisa jadi pembuatan tabel dibuat seting case-sensitive..
Tetapi untuk masalah hurup besar kecil ini akan terasa sekali ketika jumlah record yang dibuat sangat banyak, dan melibatkan INTERVAL Date. penulisan hurup besar dan kecil akan terasa efek waktu eksekusi SQLnya. Penggunaan hurup besar akan meringankan proses Query tersebut.. Ini adalah untuk studi kasus MySQL versi Free. Untuk yang berbayar (Enterprise) ternyata tidak terjadi hal tersebut..


Silakan dibuktikan

(Diposting dalam rangka menjawab seorang rekan programmer)

12 komentar: