Rabu, 26 Januari 2011

Tiket-tiket Palsu Itu

Sudah beberapa kali saya mendapatkan permintaan yang sama tentang hal itu:

"Mas, ada teman yang bisa desain nggak? Mau buat tiruan boarding pass pesawat"
"Mas, bisa ngusahain tiket kereta atau bis executive replika nggak??"
Jelas saya jawab:"Ya desain saja nggak bisa, nyetak nggak bisa"

Beberapa permintaan serupa kebanyakan dari orang-orang Event Organizer.. Semula saya heran untuk apakah? Toh tiket palsu juga tidak bisa digunakan buat masuk pesawat.. Sempat pula kepikiran paling untuk koleksi saja.. Sampai pada akhirnya dapat kata-kata seperti ini

"Mas, ada teman yang bisa nyetakin nota hotel dan resto nggak?"

Nah ini... ketemu dah benang merahnya.. Lebih-lebih lagi ngobrol bersama beberapa rekan yang ada di tingkat pemerintahan..

"Mas, lha kalau saya dapat tugas kunjungan dinas ke Jakarta selama 10 hari terus ngapain coba, toh saya bisa 2 hari selesai kok ngerjainnya.. Makanya saya cari tiket pesawat palsu agar saya bisa punya alasan dan bukti agar bisa berjalan 10 hari.. berikut nota hotel dan resto"

"Terus uangnya 8 hari dibalikin mas?" "Ya nggak, kalau dibalikin nanti dinas kita nggak bisa dapat dana segitu lagi tahun depan.. Kalau kegiatan nggak diadakan dianggap kita tidak berkembang, lumayan mas 8 hari bisa di rumah dan dapat uang tambahan"

Wow, ternyata di daerah Imogiri sana, ada percetakan yang untung sangat besar dari hal-hal palsu itu.. Dan, lebih bagus lagi adalah, saya ketika sekolah (kalau nggak dikatakan kuliah) sebagai institusi yang katanya reformis dan harusnya 'idealis' lepas dari kepentingan, telah diajarkan untuk membuat nota kosong untuk kepentingan permintaan dana Kuliah Kerja Nyata yang dimintakan Universitas ke pihak Pemerintah Kota Yogya..

Negara ini ternyata .. Yang idealis saja gitu... apalagi yang tidak idealis




Bimosaurus
Penuh kepalsuan

49 komentar:

  1. alesan ini benar-benar sudah menjadi budaya yang sangat ampuh karena terlepas dari jeratan.....!!!

    *ku sangat benciiiiiii*

    BalasHapus
  2. mas trie mesti tahu hal seperti ini lah.. :) aku juga sebagai orang proyek sering harus dilematis mengerjakan seperti itu..

    BalasHapus
  3. Yang seperti ini emang nyata, mas Bimo, ketika penyampaian Laporan Perjalanan Dinas sering juga ditemui bukti2 aspal spt itu.

    BalasHapus
  4. yang saya tahu juga mas, bahwa tiket dan nota itu adalah bagian dari memperkuat bukti untuk laporan perjalanan dinas itu.. terus terang, saya pernah dapat kerjaan yang terlibat dengan hal seperti itu.. tapi ya semoga jangan terjadi lagi sih.. menurut saya kurang berkah

    BalasHapus
  5. Say no to Beye! Beye sbg kata sifat: formalisme palsu, lebayisme, forms over substance

    BalasHapus
  6. bukankah selama kuliah kita juga sering me mark up dana kegiatan kemahasiswaan mas...
    soale kalo gak gitu ya gak hidup hahaha...
    masuk neraka jamaah ni namanya....

    BalasHapus
  7. ya ampunnn.. parah bgt yaaa....

    BalasHapus
  8. yah begitulah dunia.. Kan sandiwara.. *nyanyi ah..

    BalasHapus
  9. Mangkane aku cok wegah nek dikon dadi bendahara, nyebahi tenan.
    Soalnya beberapa jenis nota gak bisa diterima, padahal pengeluaran emang segitu, akhirnya ditutup pake nota bensin (yang ini bisa diterima).
    Carane, sekali isi bensin, minta double nota (kadang dikasih 3, kadang dikasih 5)
    :">

    Tapi yo nek nganti memalsukan untuk mendapatkan uang yang bukan haknya, huwahahahaaaa
    ='= embuh sih dibilang hak apa bukan, lah wong emang dikasih untuk dihabisin asal ada nota sihh, yo tak nggo makan2,,,

    Oh, buruuunggg,,,, apalah dosaku ini, hiks

    BalasHapus
  10. sering terjadi juga dulu waktu aku masih ngurusin teknisi yg suka ditugasin ke luar kota

    BalasHapus
  11. hahaha aku pernah meh bacok2an karo petugas instansi x gegara ogah nandatanganin sesuatu yg ga aku lakukan.


    (cuma takutnya, bisa aja mereka malsuin tdtngnku. terus piye yo?)

    BalasHapus
  12. wahahahaha .... nembe ngerti ta ...........

    BalasHapus
  13. haha...biasanya banyak tuh praktik kayak gt di lingkungan PNS. Sebenanrnya SBU-nya memang segitu. Misal, jatah kita naik Garuda yg harganya Rp1 jt. Tapi kita men-downgrade naik Lion Air yg cm Rp500rb dengan resiko menahan lapar & haus krn ga dpt minum gratis plus jarak kursi yg agak sempit. Saya kira itu cukup kreatif hehe...

    BalasHapus
  14. setuju. biasanya yg ikut Senat atau BEM sering dpt proyek tuh haha...

    BalasHapus
  15. ini baru terjadi ama bos istri saia yang abis jalan jalan ke thailand buat ngabisin anggaran dari pemrentah yang emang musti di habiskan....

    BalasHapus
  16. ya sekarang lembaga yang idealis saja sudah mencoba coba mencari celah kepentingan... apalagi yang tidak idealis.. Guru saja kencing berdiri..

    BalasHapus
  17. itu sudah biasa mbak.. ya jika tidak diperbaiki dari dasar, bisa bisa negeri kita ditinggal oleh berkah

    BalasHapus
  18. bismillah mas, mari kita berdoa supaya tetap hidup dalam keberkahan..

    BalasHapus
  19. nek nganti minta nota kosong, kasih tangan kosong wae, gebuki :))

    BalasHapus
  20. instansi swasta pun ada lho mbak yang gitu, cuma karena jarak antara karyawan dan pemilik secara struktural cukup dekat, maka audit mudah dilakukan.. sekarang negara, agak susah karena jarak itu sangat jauh

    BalasHapus
  21. ya minimal nek njenengan sido carok jelas dihukum kang, tapi nek nganti dipalsu ya nek ono apa apane njennengan siap bersaksi di depan hukum yang entah bersih atau tidak hukum itu

    BalasHapus
  22. KKN memang ngajari KKN kang hahahaa

    BalasHapus
  23. ya seperti itulah mas kira kira yang terjadi.. :)

    BalasHapus
  24. hadeeehhh :((
    yo begono sih, njuk pie jal. nek rag dihabiskan aku sing dienteki, tapi nek dihabiskan tanpa nota aku yo sing dienteki (sing nggenah waeeeeee, mumet coih). opo kuwi jenenge jaal... ngenes po rag, yo tinimbang aku rekoso dhewe, yo mending aku ngejak2 to yoohhh :">
    *ceritanya makan2nya barengan gitchuuh*

    Nek pengalaman sama nota kosong :(
    Dulu pernah eyel2an sama bendahara, kalo di toko itu gak ada cap, adanya cuma tanda tangan sama kop nota. Tapi tetep notanya gak diterima, karna harus di cap dan ada kop nota, otomatis duitku nggak diganti, padahal uakeh jew pengeluarannya. Wes ngelu bianget, akhirnya aku beli roti di suatu toko. Di situ aku tanya ada nota sama cap? Trus aku nanya, mbaa, boleh aku minta satu nota lagi buat keperluanku ini, duitku nggak diganti sama organisasi jew. Ealah, dikasih tanpa nanya keperluannya apa organisasinya apa, hehee... Mbaknya baek hati, bendaharaku tak pisuh-pisuhi, huwahahahaaaa :D

    BalasHapus
  25. konon sekelas Greenpeace yang sepintas idealis saja bermain kotor di bagian pendanaannya..

    BalasHapus
  26. semoga ibupertiwi lekas sembuh ya

    BalasHapus
  27. jujur aku pernah terlibat lho kang.. :) tapi urusanku adalah training, sedang EO nya sudah ada lagi perusahaan lain

    BalasHapus
  28. njur nek misal ono duit tak bertuan piye yo? untung aku ra tau dadi bendahara. mumet

    BalasHapus
  29. semoga tidak semuanya mas... khan masih ada seperti njenengan yang bertahan dengan keaslian

    BalasHapus
  30. aku tak mau lagi-lagi, huwahahahaaaaa :D

    padahal aku seneng nek ngurusi perincian anggaran ='=

    BalasHapus
  31. yo wis ngerinci wae, dadi tukang audit :D

    BalasHapus
  32. wah.. kalau saya asli tidak diakui adanya mas hehehe


    BalasHapus
  33. hakakakak, ya berarti sama mas.. saya juga sering jadi palsu kok.. buktinya nama nick di id MP juga palsu

    BalasHapus
  34. eh, serius, iki gaweanne opo toh :(
    kit mbien dikelilingi istilah begini terus, tapi nggak ngerti gaweanne apaan

    BalasHapus
  35. ngaudit duit.. ngecek hasil laporan, ngecek neraca, dipaske karo duit e sing ono

    BalasHapus
  36. wah, terlalu kejem buat gw, huahahahaaaa

    BalasHapus
  37. hadooohh sapa gitu yang ngajarin.. :(

    BalasHapus