Sabtu, 24 Maret 2012

Durian Hebat




Saya telah merasakan durian dari Aceh hingga Lampung, durian Banten, kemudian pernah juga makan beraneka ragam Durian di Durian Haji Ali, Pandeglang, Banten. Saya juga sudah merasakan Durian Kulonprogo, Purworejo, dan sekitar Menoreh yang dianggap sebagai biang Durian. Juga telah mencoba Durian Montong yang dibudidayakan di sekitar Prembun sebagai durian kesat tanpa belepot dengan rasa enak dan bau tidak menyengat bagi yang tidak suka.

Kemarin malam saya dikirimi tiga durian dari saudara yang memiliki kebun di areal Balekambang Selomerto, Wonosobo. Durian ini belum matang. Dua paling besar telah saya bongkar dengan agak kesulitan mencari garisnya. Biasanya garisnya sering kelihatan namun yang ini berbeda, akhirnya setelah terbuka, saya pikir masih muda, ternyata rasanya benar-benar tidak ada duanya.

Durian yang saya foto sebelahan dengan kaki saya ini tinggal satu. Durian ini telah ditutup rapat dari dunia luar namun baunya masih sangat terasa hingga depan rumah. Siang ini akan saya bongkar, dan selasa besok saya diundang ke kebun untuk menikmati durian seperti ini lagi..

Kata para tetangga di Balekambang, pohon durian ini memang agak aneh, yang lain tidak ada yang seenak ini, namun yang ini memang berbeda. Nah siapa mau ikut besok selasa?

37 komentar:

  1. Durian padang lewat.. Medan, lewat... eh yang bercocok tanam durian ini orang medan

    BalasHapus
  2. nang Korea kene anane durian montong Thailand kang...lumayan buat obat kangen duren. regane paling murah sijine 15ewu won setara karo 120ewu ripis.
    nek kuwe jenise duren apa kang...duren lokal kah?

    BalasHapus
  3. lokal kang, tapi mbuh rasane beda karo sebelah sebelah e.. lagi iki ngrasakke sing koyo ngene

    BalasHapus
  4. wah, wingi di ajak layat nang wonosobo ora sido melu. . .

    BalasHapus
  5. seneng duren mbak? btw ngidam e opo

    BalasHapus
  6. seneng buanget. . .
    Tapi pas do pesta duren mung ndomblong ora oleh akeh2. .

    *ngidam geblek karo tempe kemul saiki. . .hahaha

    BalasHapus
  7. seneng buanget. . .
    Tapi pas do pesta duren mung ndomblong ora oleh akeh2. .

    *ngidam geblek karo tempe kemul saiki. . .hahaha

    BalasHapus
  8. yo wis berarti posisi sebagai orang teraniaya.. berdoalah mbak :D

    BalasHapus
  9. Oh ya mas bim, deket sama buah carica ga? *nyengir2 ada maunya*

    BalasHapus
  10. mantabsssss tahun ini belum makan duren nih... takut diamuk istri

    BalasHapus
  11. haha. . . Bupeb usaha. . .
    *ntar sore uplod carica ah. .biar tambh sirik . *

    BalasHapus
  12. aku wes waregh duren, di pasar belakang rumah tuku 15 ewu enthuk sing wapik banget
    aku tinggal 500 meter dari "the legend of Durian Ucok Medan"

    ayo mangan sak modare

    BalasHapus
  13. Banyak bupeeeb.. gimana gimana gimana :D...

    Durian sisan

    BalasHapus
  14. tapi ra iso digawa bali to kang?

    #bandara Polonia anti durian... tragedi Mandala vs durian

    BalasHapus
  15. bisa koq, tapi ora glundungan. Masukin box

    BalasHapus
  16. IYAAA IYAAAAA.. aku kelingan kok...

    *isih utang duren :D

    BalasHapus
  17. wah sayang mbak, internet belum bisa mengantarkan rasa :D dadi ra iso njelaske. tapi sing jelas mbukak e penuh perkosa

    *munthu, bendho, gebukke rame rame

    BalasHapus
  18. Disini makanan Orkay...sampe 30€...

    BalasHapus
  19. kirim mas dab... aku punya utang nih...

    BalasHapus
  20. suk nek ada perjanjian karo aku bayarane duren wae ben utangku adalah duren

    BalasHapus
  21. Okeh men 30x12000 rupiah...kono ngitung dewe...

    BalasHapus
  22. wedan.... mending bali nang Jowo sik ya

    BalasHapus
  23. Bagi carica dunkkkkkkkkk :p
    *serius*

    BalasHapus
  24. prosedurnya gimana ... mau kasih alamat atau mau datang siniiih

    BalasHapus
  25. Mau titip beli. Eh tp berapaan? Yg enak yg mana? Apa mendingan beli mentahnya?
    Pengen manisan carica :p

    BalasHapus