Kamis, 29 Maret 2012

Fenomena Alam Aneh, Badai Salju Hantami Sumatra Barat

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG---Meski termasuk negara tropis, ternyata Indonesia pun bisa mengalami badai salju. Tidak percaya? Itulah yang terjadi ketika puluhan rumah warga mengalami kerusakan akibat dihantam badai salju yang melanda Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat (Sumbar). "Badai salju melanda Kabupaten Sijunjung pada Rabu (28/3) sekitar pukul 20.00 WIB mengakibatkan puluhan rumah mengalami kerusakan, "kata Kabid Penanggulangan Bencana BPBD Sumbar Ade Edwar di Padang, Kamis (29/3).

Menurutnya, berdasarkan data sementara diperoleh BPBD Sumbar, dimana 48 unit rumah atapnya beterbangan, dua unit rumah hancur berantakan. "Selain puluhan rumah warga rusak, badai salju juga merusak beberapa unit bangunan Sekolah Dasar (SD), tiga lokal belajar dan beberapa atapnya beterbangan, serta satu unit rumah dinas sekolah," katanya.

Dia menambahkan, badai salju yang melanda Kabupaten Sijunjung itu tidak menimbulkan korban jiwa, hanya mengalami kerugian materil. "BPBD masih melakukan penghitungan berapa kerugian harta benda ketika badai salju itu,"katanya.
Dia mengatakan, badai salju yang melanda Kabupaten Sijunjung hingga merusak puluhan rumah tersebut merupakan yang pertama kali terjadi di Sumbar. "Badai salju ini tidak pernah terjadi, ini merupakan pertama kali terjadi di Sumbar,"katanya.
Menurutnya, warga yang rumahnya mengalami kerusakan akibat dihantam badai salju telah dievakuasi ke tempat yang dirasakan aman. "BPBD telah mendirikan berapa unit tenda darurat bagi warga yang mengungsi, sementara itu bantuan akan segera dikirimkan,"katanya.

Dia menambahkan, untuk sementara aktivitas warga yang berada di Kabupaten Sijunjung masih belum pulih akibat badai salju yang melanda. "Masyarakat Kabupaten Sinjunjung masih merasakan khawatir jika badai salju susulan kembali terjadi, mereka berharap pemeerintah cepat memberikan bantuan,"katanya.

20 komentar:

  1. ra duwe, batere kameraku entek

    BalasHapus
  2. nggak tahu ya , nek di tempatku sering udan es

    BalasHapus
  3. mungkin gak buatan manusia mas, sekelompok manusia yang sudah merasa dirinya Tuhan dengan teknologi yang mereka miliki

    BalasHapus
  4. Hmmm... kok aneh ya. Yang namanya badai salju itu biasanya salju yang turun dengan deras disertai angin, tapi anginnya gak sampai merusak seperti halnya hurricane atau tornado. Biasanya setelah snow storm, saljunya menumpuk dan membuat susah para pejalan kaki dan pengendara mobil. Pertanyaanku, setelah kejadian yang diklaim sebagain 'badai salju' di Sumbar ini, ada tumpukan salju gak?

    BalasHapus
  5. Ohhh... dari komentar di artikel Republikanya sendiri (http://www.republika.co.id/berita/nasional/lingkungan/12/03/29/m1msra-fenomena-alam-aneh-badai-salju-hantam-sumatra-barat), ada yang menyebutkan kalau itu bukan badai salju, tapi hail alias hujan es.

    Wadoh, salju beda atuh dari es...ha...ha...ha. Salju itu butirannya kecil banget, hampir kayak es serut atau es yang ada dinding dalam di freezer. Kalau hail, itu batu es, ukurannya besar-besar, dari sebesar kelereng sampai sebesar bola golf. Dan kalau hail, baru deh masuk akal kalau bisa menimbulkan dampak yang merusak seperti ditulis di artikel itu.

    Wartawan Republika gak bisa googling ya?

    BalasHapus
  6. he he he, kan kalau disebut hujan es serut gak seru .. :D

    BalasHapus
  7. kalau saya baca, ada stasiun pengendali cuaca yang merupakan proyek riset di benua amerika sana, dulu saya pernah ada MPers yang memberi info tentang HAARP. Coba mungkin ada di wikipedia

    BalasHapus
  8. maklum mbak wong indonesia ra ngerti bedane hahahaha...

    nek es, Cangkringan wae sering

    BalasHapus
  9. salah satu yg nulis ttg HAARP di MP saya mas, tulisannya ada di sini

    BalasHapus
  10. Hujan es saja, itu terjemahan dari hail. Kalau es serut mengacunya ke salju, dan yang terjadi di Sumbar kemungkinan besar bukan badai salju (snow storm), tapi hujan es (hail).

    BalasHapus
  11. Padahal bedanya cukup jauh lo Mas. Tapi memang istilah cuaca di sini macam-macam. Kalau musim dingin, ada snow, snow storm, hail, wintry mix (campuran hujan, salju, dan hujan es), dst. Internet kan sudah merajalela, mosok gak googling dulu sih wartawan itu? Ngambil foto ilustrasi (yang keliru) saja bisa, mosok cari bedanya hujan es dan badai salju aja gak sempat? He...he...he.

    BalasHapus
  12. Lha itu kok bpbd yakin bener hujan salju?...

    BalasHapus
  13. Bada salju? Gak salah tuh?
    Es batu mungkin bukan salju.

    BalasHapus
  14. salju putih butiran kecil2 gitu ?
    weh, ke sumbar deh buat liat salju :)
    kalau ujan es, di kalasan juga udah pernah

    BalasHapus
  15. Tadi aku baca di Yahoo, katanya bukan badai salju...cuma hujan es dengan butiran2 kecil

    BalasHapus