Jumat, 12 November 2010

Klaim-klaiman PATENT.. BE CAREFUL BLOGGER!!

Post ini sebagai pembelajaran kita saja, dan mohon maaf jika terdapat pihak terlibat di dalam post ini. Post ini saya buat Access Friends To Friends dulu karena sedang dalam proses negosiasi lebih lanjut..




Kemarin malam, sebelum terjadi kopdar saya dengan mas Gotrek, Anotherorion, dadibagongsik, renypayus, anazkia, saya dapat aduan dari teman saya:"Mas, web e mbak dea yang kita buat dulu bermasalah, disomasi sama pengacara dari Jakarta". Lhah, ada apa lagi ini? Ternyata berasal dari cerita ini. Batiksidomukti.com adalah termasuk produk kodingan saya yang termasuk awal awal koding penuh untuk web. Sebagai web yang tergolong pertama tentu saya cukup suka dengan analisa team kami yang mempermudah proses admin, proses pembelian, dan beberapa proses lainnya. Ditambah dengan penanganan yang cukup bagus oleh seorang ibu Rumah Tangga bernama Mbak Dea, tentu jualan batik ini cukup maju dengan akselerasi tinggi.

"Kami dari kantor pengajara Jakarta Law Firm blablablablalbal meminta pada pemilik web batiksidomukti.com untuk menghentikan operasional dikarenakan pelanggaran brand nama SIDA MUKTI milik blablabla"

Mbak Dea, sebagai seorang ibu rumah tangga, keder juga dengan permintaan itu dan akhirnya meminta bantuan kami untuk menutup web tersebut.. Lho, padahal web gurem buat cari makan aja diutak atik wong.. sial.. Justru kami yang malah emosi, dan sebagai solidaritas, kami justru merasa hal ini menjadi tantangan gratisan buat kami.. Tetapi karena kita memperhatikan keinginan mbak dea yang tidak ingin berpanjang-panjang, saya pun redirect ke sebuah server yang kami kelola, dan web kita pindah disitu, dan semua kata sidomukti kami usahakan untuk dihilangkan.. Cari duit harus jalan terus meski merapi meletus, cari rejeki tak boleh berhenti hanya karena wong edan somasi.

Keganjilan yang ada adalah:
  1. Pihak pemberi somasi tidak bersedia memfotokopi surat peringatan.. Semua proses peringatan atau somasi, harus ada suratnya dong, kok aneh.. Tapi bisa juga ini pancingan buat mbak Dea untuk tidak mendisable web, dan justru nanti terkena denda
  2. Pihak pemberi somasi dan yang di somasi saling kenal. Web yang saling mereka punyai juga sama sama web jualan. Hanya saja pemberi somasi tidak update, tidak dinamis, dan tidak menarik
Proses ini masih berlanjut, dan kebetulan pemilik domain batiksidomukti.com adalah saya, yang konon katanya, sepupu dari pemberi somasi yang sekarang masih sekolah di kanada akan pulang dan mengurus semua yang memiliki kata sidomukti. (Jauh-jauh sekolah di Kanada hanya mau jadi orang goblog). Sebagai tambahan info , belajar dari sini, Sony AK akhirnya justru mendapatkan hak, dan tidak semata-mata siapa menang besar siapa menang uang akan menang.. jangan pernah mentang-mentang bisa bayar kuasa hukum.

Secara fungsional, web batiksidomukti.com telah berubah sementara ke bilikbatik.co.cc, dan bisa berubah kemana saja kita suka, dan sementara lepaslah tanggung jawab mbak Dea terhadap somasi meski somasi itu gadungan atau tidak. Tetapi secara domain, karena CP nya adalah saya maka saya akan tetap mempertahankan sampai kapanpun.

Masalah Klaim-klaiman yang super wagu ini memang kita perlu hati-hati. Mengapa? Karena beberapa bulan sebelumnya teman saya juga bermasalah dengan "TAG LINE" gara gara satu kalimat tag line dia pun dituntut oleh pemilik produk permen terkenal.. Argh apa apaan ini. Sidomukti adalah MOTIF Batik Nusantara, demikian juga TAG LINE yang dalam bahasa Indonesia memang ada.. Lama-lama kita tidak bisa pake nama kita sendiri karena diklaim sudah dipatenkan orang.. Cara goblog ini ternyata juga di amini oleh pengelola HAKI, Bahkan pelafalan yang sama meskipun berbeda hurup, tetap jadi masalah..

Jadi bagaimana? Batiksidomukti, tetap saya keep domainnya. Kalau mau beli ya 1 milyar!! Silakan.. Saya tidak pernah mundur.. Kalaupun harus kalah dari sisi hukum ya mungkin 'ilmu hitam - santet elektronik' yang saya pelajari harus saya arahkan ke mode activated lagi..

Saya cuma heran saja.. Jika niat bersaing, mengapa LEBIH SUKA MENIPU DIRI dengan cara menghabiskan energi untuk mengusir musuh daripada menggunakan energi untuk maju.. Kalau kita bersaing sama sama sehat, semua akan terakselerasi perkembangannya.. Namun jika kita lebih suka membunuh, belum tentu kita sendiri yang maju..
TUh lihat, daripada mbayar pengacara untuk membunuh semua yang mengandung kata SIDOMUKTI, mengaka tidak mbayar saya aja untuk ngurusin web sidamukti.com yang (nuwunsewu) secara desain, fungsi, content, tidak ada apa apanya.. Nggak sampe 5 juta sudah siap bersaing, sudah dipasarkan, dan lain sebagainya. Bilik batik, begitu saya bantu lewat wordpress, tidak sampai 15 menit sudah masuk di Google.. Hukum vs Underground-IT ?? mari kita lihat

Malam ini ada pertemuan penting terkait itu, mohon doa restu, semoga keberuntungan ada di sisi orang-orang yang lemah..



Nuwun sewu sekali bagi rekan-rekan yang berprofesi sebagai pengacara, semoga rekan-rekan pengacara adalah orang yang menurut kang dadibagongsik di malam itu, adalah orang yang mencari kebenaran, bukan mencari menang dan sekedar uang...

197 komentar:

  1. Aku doakan ya, mas... Pokoknya harus hati2 "bertatap muka" dgn orang2 macam itu...

    BalasHapus
  2. nggak mas, dia sidomuktier :D. Di Jogja banyak sekali orang orang yang berusaha lewat Internet. Saya suka dengan orang orang Jogja ini dalam menyiasati persaingan justru dengan saling kerjasama dengan baik, bukan saling pukul..

    BalasHapus
  3. Iya mbak.. Hati hati , waspada sekali, karena kita tidak salah saja bisa tetep kena masalah..

    BalasHapus
  4. tak bantu dengan susuk bedak nyi ronggengku, kang! nek perlu tak tambahi jurus colekan maut dan conthong beracun! BISMILLAH!

    BalasHapus
  5. 1 milyar sithik bagi mereka...wkwk

    *tetep baek-baek enggak terpancing emosi nggih mbah bimo...
    wish you luck, amin

    BalasHapus
  6. awas ya kalo ada yg bikin tertidurlelapdotcom atau sebagainya,, nanti saya tuntut!!!! errrrrr
    *komen gapenting*

    BalasHapus
  7. apalagi kalau bambangpriantono..wkwkwkwkwkwk..udah paten..

    paten-patenan iyo..wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  8. hahahaa, santetku siap berjalan juga kok

    BalasHapus
  9. tumben ki comment e menyejukkan :)

    BalasHapus
  10. maturnuwun mbak... tetap berjuang

    BalasHapus
  11. bimosaurus nek nganti dipatenke wong, wonge tak pateni

    BalasHapus
  12. Semoga sukses, Mas. Dan berjalan dengan lancar..

    BalasHapus
  13. Anazkia, hak paten. Titik! Sebelum ada yang mengklaim :D

    BalasHapus
  14. amien mbak... dan semoga yang benar menang juga :D

    BalasHapus
  15. sesama blogger dilarang mateni ya

    BalasHapus
  16. syukurlah insaf di bulan Dzulhijjah

    BalasHapus
  17. mlayu ki merga kebledugan awu pulkanik kanggg....
    tekan ngomah persis tukang oanggul semen jee... :(

    BalasHapus
  18. melu seeng nek ana iblis tobat kii... :)

    BalasHapus
  19. gak salah pake kata ?? khu khu khuu...

    *still malaikat berhati iblis kok

    BalasHapus
  20. kembali kelingan posting masa lalu, Setan ki tugas e ngganggu wong.. dadi nek ra ngganggu dia tidak mengamalkan tugas, dadi malah dosa

    BalasHapus
  21. HALAAAH 2 ORANG INI !!!!

    TAK SADAR AKU OOT

    BalasHapus
  22. *tepuk2 pundak embah bimo...*
    sante bookk... tumben hari ini kagak ada yang klimaxx

    BalasHapus
  23. Malaikat bertanduk iblis..wkwkwkwkwkwkwkw
    Bajunya putih, tapi sayapnya kelelawar

    BalasHapus
  24. lha memang sopo.. dirimu khan selalu kemarin..

    BalasHapus
  25. nuwun sewu menurut pikiranku ngene mas :
    1. bener kowe, yang namanya somasi ki mesthi ana surate resmi ... yen ora ana diabaikan
    2. yen bener nama kuwi wis dipatenke, dari surat kuwi mesti ana register produk sing dipatenke, pancen ora isa disalahne yen sing duwe paten yang lebih berhak memakai nama itu. apameneh iki urusan dagang .... ya ngene iki resikone urip di dunia kapitalis.

    BalasHapus
  26. lhahaa, disini penuh seperti itu

    BalasHapus
  27. SETUJU mbah
    matur nuwun tambahane wejangan, pokoke kita pastikan disik sih.. nek kalah lagi ngundang hacker

    BalasHapus
  28. Gak reti, taunya Mukti itu jenenge Kakang ku :D

    BalasHapus
  29. saingane tuyul khan dadi berkurang satu merga tobat taa....

    *Lik Bim: bagus itu, berarti telah membelot dari falsafah dasar persetanan, hihihii

    BalasHapus
  30. woooo...!!!

    seneng yaaaa...!!! lapuran Pak Bac ahhhhh, anak ragile mbelinggggg

    BalasHapus
  31. sampean mendem ya Likk...? nembe ngombe apaa...?

    BalasHapus
  32. tuyul sama iblis beda tingkatan :p
    sorry yeee...gak se-lepel

    BalasHapus
  33. *nunggu tanggal main sambil camuk2 biskuit*

    BalasHapus
  34. ohtrie dan dekmaniezt teruuuss teruuus kurang seruuu aku nonton lhooo

    BalasHapus
  35. ga nyadar kalau skrg buat daftar paten sampe semilyar . Pdhal selama dia blm bs menunjukkan no HAKI nya, dia ga bs nuntut dong. Kalau mmg udah ada, harusnya dia negur baik2 dulu baru mensomasi jika kita tdk beritikad baik. Mudah2an pertemuannya lancar dan bs berjalan baik.
    Heran, kalah saing, jd nya nyari kekurangan orang lain.

    BalasHapus
  36. *nunjuk dekmaniez...mirip dg yg dideskripsikan*

    Berbaju putih, bersayap kelelawar, bertanduk merah, wajah manis, tapi bertaring tajam..wkwkww

    BalasHapus
  37. justru karena beda tingkatan itulah maka posisimu bakal ku gantikan.... demi mengisi kekosongan jabatan...
    fyuhhh *mlengos*

    BalasHapus
  38. nggak tak bawakkkk, dia dateng ndiri owkkkkk

    BalasHapus
  39. wah...masa mau digantiin...
    padahal posisiku kan khusus cew :(
    gimana doong??

    BalasHapus
  40. nah sekarang tugas kita adalah menunjukkan kalau bersaing ya jangan saling matiin, kalau yang mau dimatiin malah LICIN, dia malah habis uang banyak mati sendiri, mending buat mbayarin saya ya toh, buat web yang bagus, kita pasarkan sekalian hahahaha (promosi)

    BalasHapus
  41. jarene wingi wis ganti kelaminnnn, piye taaa...?

    BalasHapus
  42. yeeee......

    *padahal sayap lagi dicuci, trus tanduk lagi digadaiin*
    wajah manis :">

    BalasHapus
  43. sik sik, tarik napas, nganti bingung arep reply sing endi, wong 2 ki cepet tenan

    OOT accelerasi tinggi

    BalasHapus
  44. eh malah telu ding, tambah om bambang

    BalasHapus
  45. lohh,,, untuk akta dan ktp kan masih cew :p
    yang digunain di sono, masih akta dan ktp sih...belum kena cek kevirginan..jadi belon ketauan *ngakak setan*
    lagian setan-setan administrasi gampang tuh dikibulin :p

    BalasHapus
  46. yee...
    orangnya lagi selancar di buaya-lupa tuuhh :p

    BalasHapus
  47. *ngakak setan*
    ngajak lik bimo ahh, maen2 ke kawah merapi, mumpung cerah

    BalasHapus
  48. dia yang oot, eike mah kagak :">
    *garuk2 ketek* kok gatel yaa

    BalasHapus
  49. meureun tuh :p
    wkwk.... mata batinnya canggih juga bisa ngeliat setan, wkwk

    BalasHapus
  50. ngajak kok nang kene, konangan cah cah mengko akakakakak

    BalasHapus
  51. ahh....
    rak kenal sing jenenge Bambang....

    *mlengos* :))

    BalasHapus
  52. dan paling enak dicolongin oleh thuyul ya admin setannya itu owkkk..
    so tinggal bikin penggandaan dokumen aja ya Conggg... :))

    BalasHapus
  53. wakakakak.....
    beneran dikkk.... pas maca iki aku pas ngaruk ketek koiiiii..
    wakakaakkakkkk

    BalasHapus
  54. ohhh,
    nanyain Trie ya Masss... dia itu orang Jawa Timur yang sekarang ngajar di Semaranggg. sempet rekuws kopi jos Lik Man rasa abu pulkanikkkk...

    wakakaka, ngabuurrr.....

    BalasHapus
  55. mas ocong lagi liburan ke bali :(
    sial, gak ngajak2

    BalasHapus
  56. ada yang CLBK
    *nonton ahh sambil nyelupin biskuit ke kopi*

    BalasHapus
  57. Mas bim, klo dpt semilyar sayadi bagi yaaa.. Dikiit ajah.. :D

    BalasHapus
  58. Nih
    *lempar pakai kopi joss campur lumpur merapi*

    BalasHapus
  59. iku gayus sukoconggg....!!!

    *aku kok ya ra katut diajak yaaa, sakjane meh tak ajak tenis nang kaliurang jeee

    BalasHapus
  60. emangnya eike baby-sitter nya mereka ='=//

    BalasHapus
  61. di kaliurang adanya lapangan golep.
    cihh,,

    BalasHapus
  62. upzz...lupa kalo situ doyannya juz menyan :p

    BalasHapus
  63. le nyampur ra dadi kuwiii.......
    malah dadi adukan semen taaa...!

    BalasHapus
  64. OH TIDAAAK

    Treadku dadi cepet banget replyne piye ki

    BalasHapus
  65. ya ra papa ta kanggo tenisss..
    bolane nganggo bola api lapapijar owkkkk

    BalasHapus
  66. salaaahhh...
    ku doyannya degannn, awakmu sing jus kembang menyan kuwiii.....

    *dik sempet muter Magelang enggakk....?
    tulung mbok keliling nang Malangan kono ta dik, seputar komplek radio GKL piyee...?
    Paklik ra isa dihubungi beberapa hari jee... :)

    BalasHapus
  67. Mesisan...didadekno lulur pisan a? :p

    *reply-ne dho OOT ngene je*

    BalasHapus
  68. wahhh.. lha ngko nek ono simbah simbah tangi seko sareane njuk nge-klaim, batik sidomukti ki biyen aku sing gawe, kowe rak muk tiru tiru.. ngono piye jal?

    BalasHapus
  69. syukuuuuurrrr.....

    salahe ngingu kanca kontak wong2 OOT....
    napa ra ngingu sing Taqlid wae Lik Bimm.. hihihiihhi *tetep wae mengko tak rusuhi nganggo OOTan juga*

    BalasHapus
  70. ben do ditekak suwargi mbah buyut sing nduwe gawe batik

    BalasHapus
  71. wakakakakkak..
    nek iki wis ketok mung keprimpenan Yuuuuu.......

    BalasHapus
  72. gak ada kendaraan ='=//
    kirimin motor eike doong.. *lupa belon dicuci sejak ujan pasir juga*

    BalasHapus
  73. *ngakak gegulingan*
    ahh, maap. gak bisa komen
    *ngakak gegulingan ampe belepotan*

    BalasHapus
  74. edian tenan sekali comment bisa 4 sekaligus, agresif tenan, lha yo aku megap megab ngelayani

    BalasHapus
  75. Asal ojo diklaim negoro sebelah omah wae ra popo kok mbakyu

    BalasHapus
  76. wah jaman kemplu tenan, bisa2 nanti memakai kata batik bisa disomasi orang gara2 kata batik udah dipatenkan. kalu merunut asalnya seharusnya mengacu kepada apa yang menjadi hak milik/property privat dan property publik. Seharusnya juga yang menjadi property publik tidak bisa dimasukkan ke dalam ranah yang bersifat privat. Seperti kata batik sidomukti, setahu saya kata ini sudah ada sejak jaman dulu banget dan seharusnya ga bisa dimasukkan dalam prperty yang bersifat privat. kok kita jadi makin goblok aja ya rasanya...

    BalasHapus
  77. emang ada ?? ohh.... *belon blajar ke-paten-an*

    BalasHapus
  78. nah kui mas, mari kita lihat, apakah negara kita bisa membereskan seperti ini, karena kasihan lama lama awake dewe iso dituntut karena menggunakan nama BIMO.. SULIS.. Njur kon nganggo jeneng opo jal :(

    BalasHapus
  79. unjal ambegan sik Mas.. ati ati jantung.. :D

    BalasHapus
  80. ato badan-badan yang ngurusi ke-paten-an bisa dibayar??? erghtt *iblis suka su'udzon sama manusia* wkwk

    BalasHapus
  81. cen angel kok duwe tetangga mburok ngunu kuwi..

    BalasHapus
  82. ada bayi yang lahir di tengah pengungsian, dikasih nama :::
    - Ray awutok
    - Rasido rossa (yang ini gak tau tulisannya begimana)

    keren yaak... *daptarin ke lembaga paten ahh*

    BalasHapus
  83. dibilangin si bokip lagi ke buaya-lupa...ck

    BalasHapus
  84. hihihi....
    mesthi Adik n Kang Bambang paham maksudku ikii..
    wingi ana sing posting mbeleh kebo nang Tugu njuk tak rusuhi kae paling mung nggondhok thokk... :))

    BalasHapus
  85. huahhhaha.. wis suwi ra krungu tembung kemplu

    BalasHapus
  86. bayar wae nganggo paten-i mbak'e haghaghag

    BalasHapus
  87. dan yang membuta ku ngomporin Lik Bimo adalah bahwa nama itu sudah beda.. cuma mirip thok owkk..
    batik sidAmukti compare than "batiksidOmukti"
    ha jeneng Maryanta karo Maryanto wae wis beda owk sak kleasku ki mibyennn....

    Tetep maju Lik Bimmm... Sony itu pengalaman buat kitaaa.... kapital model apaan kalo matanya buta kek gituu... buta mata, buta hati, buta aksara, utege buntel tai, goblog....!!!

    *seriuskomentareahhh*

    BalasHapus
  88. ehh, dirusuh ??? ke tkp ahh

    * aku ngerusuh mbokdhe-ne juga :D

    BalasHapus
  89. OOT ki opo to? oseng - oseng tahu? *laper.com*

    BalasHapus
  90. eh awas aja sembarangan ngango tembung kemplu kuwi mBakyuuu, menhgko sedhela menehj meh tak daptarke nang HAKI bareng tembung pethok, gedibal, kecu, lan iyig lhooo...!!!

    BalasHapus
  91. Heheheheeh...Oseng Oseng Tercon

    Out Of Topixx

    BalasHapus
  92. memang lik, kadang kok kita jadi korban kapitalis buta yang keblinger

    BalasHapus
  93. Bisa langsung Lemparan kedalam (topik) setelah wasit meniup peluit owkkkk

    BalasHapus
  94. saiki ki wong pinter munbg dho golek menange dhewe je Masss....

    Pinginku ki rasah ana pengacara barang nang negara iki... ha ningo kok ya ra isa yaa.. :(

    BalasHapus
  95. aishhh prexxx....

    nang ruang rapat paling sampean ki ya mung merep wee....

    BalasHapus
  96. PRIIIIIIIIIIIIIIITTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTT

    BalasHapus
  97. wah, tega...
    habisnya sebagai lembaga ke-paten-an kan harusnya punya standar, karena kalo enggak, bisa bertentangan sama HAM yang dilindungi PBB too??
    tapi kalo ngurus lembaga ke-paten-an sama kaya ngurus ke-pajak-an,,, yoo, maklum deh eike..

    BalasHapus
  98. *iblis kipas2*
    perasaan hari ini kerajaan eike banyak yang liburan deh..
    di sini kok ada yang panas yaa... hoahahaaa

    BalasHapus
  99. aihh... rok-ku ketiup angin (>.<")

    *manas2in buat OOT*

    BalasHapus
  100. pitnaa pitnaaa....halalan toyibaann... eh, ketibaannn...
    :p

    BalasHapus
  101. sejak kapan iblis pake leggin...
    mulus dooonggg, tiap hari luluran pake api jeee :p

    BalasHapus
  102. kan iblis banyak bulunya..wkwkwkwkwkw

    BalasHapus
  103. kecanggihan iblis sejak jaman beuheulak :::
    iblis bisa berubah boookkk...

    cek aja ni,,, (thanks to mas Aji Prasetyo)
    Setan Menggugat

    BalasHapus
  104. woooo...

    poancen iblis kabyehhh......!!!!
    *mewakili yang punya rumah, meh misuh tapi ra wani... Halaman journal serius dadi rusak ik*

    BalasHapus
  105. tuyul berani mencela iblis tingkat calon petinggi?!
    errrrtttt....

    BalasHapus
  106. wis bolek balik ngecheckkk....

    Kang Aji sing nduwe MP kuwi minggu wingi ya wis nang Yojaaaa... nginep nang sekitar Kotagede konoo.....

    BalasHapus
  107. petinggi ki ra isa temandang gaweee... isane mung modhal ulartangga wae njuk nyocot sak karep telihe dheweee

    BalasHapus
  108. underground saja, gerakkan orang utk DoS ke si njelehi itu

    BalasHapus
  109. eike kan bedha...
    *mbagiin brosur visi misi*

    BalasHapus
  110. eike lebih menyukai komiknya ketimbang orangnya...
    plaakkk *digampar orang sekampung*

    BalasHapus
  111. weyyy...
    ono tanggap bencanaaa, bukan obral visi misi ala kampanyeee.....

    huft baru aja bilang beda gak yahunya sarua kenee...

    BalasHapus
  112. dia emang bagi bagi komik owkk bukan bagi bagi oranggg...
    wekkk... :P

    BalasHapus
  113. sekiranya tempuh jalan baik dulu, baru jalan nakal...
    *iblis mengedipkan satu mata*

    umaigat... eike kok jadi baik sih detik ini..ertt

    BalasHapus
  114. baik menurut iblis tuh belum tentu baik menurut manusia seutuhnya.. duengg..!!

    BalasHapus
  115. ehh, gak boleh yaa...
    kalo gitu terselubung dehh....
    *nyiapin pasukan gelar visi misi iblis berkedok malaikat ach*

    terjun langsung gak pake jaket parpol, gak usah masuk tipi juga, kayanya okee punya nih
    *nyindir manusia berjaket kuning* wkwk

    BalasHapus
  116. wuuaaaa *mata lope2*
    ketinggalan berita dong :((

    BalasHapus
  117. adus sik ahh....
    maem n siap2 meh ang Meguwa...

    BalasHapus
  118. Grubyak!!!!


    Ditinggal rapat komen e nganti semene

    BalasHapus
  119. Ditinggal sediluk kok wis sakmene akehe yo rek

    BalasHapus
  120. wekekekek seneng banget doan dompet e tibuo

    BalasHapus
  121. gangbang wae website seng somasi, sisan nek ono web e loyer e ... udel2 sisan..

    BalasHapus
  122. Kuwi wong golek-2. Tetep jalan aja. Dia kalah pamor karena "misspelling". Sidomukti adalah kata bebas. Kalau dia punya bukti pendaftaran merk "batiksidomukti" jauh sebelum domain batiksidomukti.com ada, bolehlah pindah server.
    Menurutku dengan pindahnya domain, menunjukan kalah sebelum berperang.

    jangan takut dengan gertak sambel orang Jakarta yang ngaku-ngaku pengacara

    BalasHapus
  123. ah njenengan mestine ngerti wong e sing duwe situs iki, mbak dea ki garwane lik bintoro kancane lik kunto kae.. aku sih nyaranke memang ojo mundur, tapi dia minta dialihkan sik, tapi karang aku sing gowo domain, aku ra arep mundur

    BalasHapus
  124. Kapitalis Jancukan. Lawan!

    Underground IT Brava!

    BalasHapus
  125. nek ulih 1 miliyar aku njaluk yo mas :D

    BalasHapus
  126. wahh sesama bloger koq malah paten2an

    BalasHapus
  127. Sori telat baca, tapi aku meski bukan berlatarbelakang hukum, lumayan ngerti kalo ada "preman" dateng ngancem-ngancem begini.

    Sekedar saran sih, perang aja, tapi lindungi diri sama ilmu dan peraturan hukum yang berkenaan dengan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI).

    Nih, klik link-nya semua UU yang berkenaan dengan HAKI:

    UU No. 19 tahun 2002 tentang Hak Cipta

    UU No. 14 tahun 2001 tentang Hak Paten

    UU No. 15 tahun 2001 tentang Merek

    UU No. 31 tahun 2000 tentang Desain Industri

    UU No. 5 tahun 1999 tentang Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat

    UU No. 30 tahun 2000 tentang Rahasia Dagang

    UU No. 32 tahun 2000 tentang Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu

    Pelajari dulu semuanya sebelum maju perang...

    BalasHapus
  128. jelas lawan mereka.. Go Go Go .... Cover Me !! ( Mode Delta Force On)

    BalasHapus
  129. lho mungsuhe dudu bloger kang, mungsuhe wong sugih :D

    BalasHapus
  130. betul.. iri hati paling, yo tak akali ;)).. Yo aku sih rapopo nek mungsuhe web sing TOP banget, lha ming ecek2 desain e, sistem e, ora ono service online selling e

    BalasHapus
  131. maturnuwun mas luq.. saya pelajari meski ngantuk

    BalasHapus