Sabtu, 30 April 2011

[Desain MP] Identifikasi Elemen MP dengan Chrome

Mengingat:

  1. Kebutuhan untuk memperindah MP
  2. Kenyamanan untuk para pembaca MP
  3. dll

Menidakpedulikan:

  1. Resiko penggusuran non Seller


Maka sila baca artikel ini:

Buat rekan-rekan yang ingin mengatur halaman MP, sebenarnya senjatanya cuma sedikit pengetahuan CSS, Elemen Web, dan Browser Google Chrome. Mengapa Google Chrome? Karena Chrome memiliki fasilitas Inspect Element yang bisa dengan mudah menampilkan semua elemen dan properti halaman..

Elemen dan Propertinya
Perlu diketahui bahwa satu halaman web ini terdiri dari berbagai macam Elemen. Ada elemen Header yang terletak di atas, ada elemen footer yang terletak dibawah, ada elemen konten dan lain sebagainya. Elemen itu bisa dibuat sesuka hati si pembuat / desainer web. Misal dia menentukan elemen header, maka dia juga akan menentukan properti dari header yang meliputi:
ukuran,
warna,
gambar,
border,

dan lain sebagainya..

Untuk menentukan elemen bisa dilihat melalui menu view Source.. Sedang untuk melihat elemen dapat dilihat pada halaman CSS. Biasanya setelah elemen (misalnya header) disebut dalam halaman html, maka pada halaman css akan disebut seperti ini:

#header{
height:200px;
width:300px;
background:#fff;
}

dan sejenisnya.

Pada Multiply kita diijinkan untuk mengganti properti dari elemen, dengan cara masuk ke halaman http://multiply.com/setup/pages/upload-css.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar