Jumat, 29 April 2011

Multiply.. Blogging vs Shopping = Misuhing

Multiply, adalah jejaring sosial yang menjadi pilihan saya sejak tahun 2006. Sejak tahun itu juga saya mulai rajin mencari teman maya, teman bertukar pikiran dan teman beradu argumentasi.. Sebagai sebuah situs perkawanan sosial, Multiply memang hebat, karena dia menyajikan fitur blogging digabungkan dengan perkawanan sosial yang semua Contact atau Friends of Friends, atau semua pengguna bisa menyaksikannya di Inbox masing-masing. Saat itu, saya memilih menggunakan Multiply ini memang karena kebanyakan cenderung mengajak orang untuk posting secara berbobot, dengan post yang benar-benar terpikirkan lebih dahulu. Itulah Multiply yang saat itu bisa memberikan alternatif terhadap kemuakan orang pada Friendster yang dianggap sebagai situs penarsisan..


MUSIC

Disamping itu, Multiply juga saya pilih karena dulu forum 80 an melakukan share lagu-lagu lawas yang sudah tidak bisa dicari, dengan cara upload ke direktori Music Multiply.. hingga akhirnya pada tahun 2007 - 2008 Multiply mulai mengadakan pembatasan cara download music (meskipun sampai sekarang masih bisa).. 2008, admin Multiply mulai galak dalam menghapus account ID usernya yang sampai sekarang saya juga belum tahu alasannya apa.. Saking ketakutannya beberapa posting teman-teman saat itu menyiapkan zombie buat jaga-jaga adanya penghapusan account..


CARUT MARUT ONLINE SELLER


Kalau ga salah 2009 Online Seller mulai dibuka.. Ya, Multiply memang sangat kondusif untuk berjualan.. Tinggal upload gambar, udah deh, orang pesen lewat telpon... Nah itulah yang mungkin oleh para pemilik kebijakan Multiply mulai dipandang statistiknya.. akhirnya Multiply pun mulai diset-konsep untuk menarik para Online Seller.. Sukses? Saya katakan SUKSES.. Ibu-ibu rumah tangga dan para pedagang lapak Online dengan sertamerta menggunakan Multiply, berikut dengan kemudahan pencarian dan kalau tidak salah statistik dan fitur pemasaran web yang lebih enak ada di sana.. ah entahlah... Indonesia, dipandang sebagai negara yang sangat antusias dengan fasilitas online seller ini.. Berbagai macam lapak ada di Indonesia..Saya  katakan sebagai Carut Marut.. mengapa?? Karena ONLINE SELLER ini kadang justru menjadi sampah spam bagi para pengguna Multiply.. Tentang lebih jauh online seller itu sendiri saya kurang tahu.. konon ada Trusted dll dalam hal reputasi yang mungkin saya bayangkan sama dengan di kaskus.. Tetapi anehnya kalau saya ingin berjual beli justru memilih kaskus ya hahahaha. Konon Trusted, Premium dll ini bisa dikatakan DIPERCAYA karena mereka berbayar.. Oke bolehlah.. tapi kalau di kaskus, seseorang dipercaya benar-benar karena reputasi statistik yang dipilih banyak user.. jadi kepercayaan tidak instan dibeli, tetapi benar-benar pengakuan.. Artinya online seller memiliki motif ekonomi dalam menggunakan Multiply.. SAH?? Jelas sah..


BLOGGING

Blogger Multiply, memiliki karakter tersendiri.. Mereka menjadikan Multiply sebagai karakter mereka, sebagai corak dan gerakan mereka.. Lihat saja dalam bencana Merapi kemarin, rekan-rekan Multiply bergerak mengumpulkan dana begitu saja.. Mereka saling percaya di Multiply, yang justru pada umumnya malah tak kenal siapa ini dan itu di dunia yang nyata.. Dalam berbagai baksos yang saya lihat justru orang-orang MP ini berjalan dengan luar biasa.. Tak punya uang pun nyumbang apapun yang bisa disumbangkan.. Inilah orang-orang luar biasa itu.. Artinya banyak orang yang menggantungkan tulisannya, menggantungkan komunitas dan buah pikirannya di MULTIPLY.. Sudah banyak juga rekan-rekan yang mulai membandingkan Multiply dan Facebook.. Bahkan kaum MPers ini mulai memasang muka perbandingan dengan kaum pengguna Facebook.. Saya sendiri dulu adalah pengguna facebook yang tidak sampai setahun memilih untuk tidak pernah posting lagi.. Mengapa?? Sejak saya berfacebook, saya tidak pernah lagi menghasilkan karya tulisan yang baik.. setiap ide muncul langsung posting.. setiap marah, posting.. bahkan kalau ingin dipandang sebagai orang alim, saya posting juga doa doa saya di facebook .. yang sepertinya Tuhan punya facebook aja.. hakakak...

Di MP, saya bisa merasa lebih bisa mengumpulkan segenap ide, yang kemudian saya posting sebagai tulisan yang lebih berarti, sebagai bacaan yang baik buat teman teman.. berbagai perdebatan, pertentangan, dan tukar pikiran ada disini yang jelas melatih otak kita dalam menelaah berbagai masalah.. Ini juga yang saya lihat bahwa MP memiliki potensi ber-reply sangat panjang..


Blogger vs Seller

Saya ingat beberapa waktu lalu saya bertemu dengan seseorang. Orang tersebut mengaku aktivis MP..

dia :"Blog saya Multiply mas.. saya aktifis di sana"
saya : "Oh idnya apa? jangan-jangan saya tahu.. karena komunitas saya khan disana.. "

dia : "oh ya? lho apa sih IDnya"
saya : "bimosaurus"

dia : "oh saya sepertinya sering tahu mas.." (sembari browsing)
saya : "Lha mas e apa id nya?"

dia : "oh nggak kok kami dagang saja"
saya :(merasa tak perlu mendesak dan merasa dia tidak ingin temenan) "Ooooh temannya banyak mas?"

dia : "nggak kok cuma untuk masarin aja"
saya : "ooh gitu.. mampir mas diadd aja saya"


Rupanya dia lebih dulu melihat tulisan di GB saya yang saat itu saya tulisan agak keras tentang spammer Guestbook. Belakangan saya tahu bahwa dia add saya, tetapi saya tidak menerima karena dia tidak ada satu postingpun selain gambar yang jumlahnya ratusan, dan tidak memiliki headshot.. Yaaah ignore aja deh.. kasihan teman teman lainnya hahahahaa


Artinya.. Si orang tersebut mulai merasa bahwa Account Multiply adalah karakter dagang dia juga.. dan saya merasakan bahwa Account Multiply mewakili karakter saya sebagai blogger... Lihat lagi alasan-alasan saya pake Multiply... kelebihan Multiply berikut kekurangannya yang susah untuk tersearch google.. susah untuk bermain javascript yang saya tahu bahwa itu juga untuk keamanan semuanya...Lho kalau mau tidak pake Multiply, saya mending pake domain saya sendiri yang harganya nggak sampe cepek.. tinggal lempar ke hosting gratis dan blogger, saya sudah bisa follow-followan sama teman.. toh itu sampe sekragn belum saya lakukan...

Owalah Multiply... multiply.. Saya ngerti niat sampeyan itu menggaet seluruh user dengan jualan online, dengan blogging, dengan QN untuk menarik kembali pengguna yang terjerumus ke Facebook.. Tapi yang terjadi adalah.. pengguna fanatik mulai merasakan GANGGUAN.. baik secara spam yang muncul di GB dan posting, juga Gangguan identitas.. Identitas? Iya.. karena kemarin ketika saya pulang ke wonosobo.. bertemu teman dari jakarta, dia tanya : "blogmu opo mas" ku jawab "Multiply".. Dia malah tanya : "Oh dodolan opo kowe nang kana"

Haduuuh... tak jawab aja: "Dodolan web, dodolan sms gateway karo dodolan pisuhan.. dan kui gratis kabeh"

Ada satu kasus lagi dimana seorang teman berjualan baju, dan dia adalah online seller yang memiliki lebihd ari 10 account untuk berjualan baju tersebut.. Edan.. Benar-benar sampah.. Coba kalau itu di kaskus.. ketahuan sudah di bata merah...


Hari ini.. saya baca http://indonesia.multiply.com/journal/item/23 .. membaca posting dan komentar-komentar yang terjadi langsung runtuh juga hati saya.. ternyata ada ya yang menggunakan nama account keramat : indonesia yang kita aja nggak berani pake (karena kita blogger sangat mengkeramatkan simbol bangsa), ternyata disana isinya tak lebih dari postingan sampah yang tidak diurus oleh adminnya, dan sekaligus tersirat semacam pengumuman bahwa Multiply adalah PASAR ONLINE.. Remuk redam juga fanatisme pembelaan saya terhadap Multiply.. Yaa, efek buruknya adalah, saya bisa saja malas ngurus Multiply saya yang sudah berpagerank 4 ini.. Adakah dukungan Staff Multiply bagi para blogger yang berada di jalur NON-SELLER, yang makin lama akan terancam tersisih.. seperti tinggal dipasar tapi nggak jualan apapun..



Yaaah kami memang cuma nunut kok.. terserah kebijakan yang punya Multiply..



Mulai Frustasi

675 komentar:

  1. waduuh ternyata nggak cuma saya yang ngerasain ini
    agak berantakan deh multiply sekarang...
    akhirnya saya punya akun juga di tumblr hehe

    BalasHapus
  2. jangan-jangan suatu saat nanti kita semua rame rame buat posting:mari kita melipir!!

    BalasHapus
  3. Oh ya, saya melihat rata-rata online seller pageranknya rendah-rendah ya.. Non Online Seller itu rata-rata 2-4 bahkan banyak yang lebih.. silakan di cek dengan http://mypagerank.net/service_seostats_index dan tools lain

    BalasHapus
  4. oh ya? saya nggak pernah merhatiin soal itu mas, ta pikir OL seller malah lebih diperhatiin deh sekarang. Kita jadi anak tiri hiks hiks

    BalasHapus
  5. ya ndak apa apa mbak... saya sudah siap domain sendiri kok :)).. siap siap mencari ganti.. usung usung.. packing packing

    BalasHapus
  6. belum tahu mbak hahahaa, buat situs sendiri aja judule http://multiply-perjuangan.com

    BalasHapus
  7. ngulangin komentarku yang DARI SINI ahhh......

    komentar 101, ketawa ngakakkkk....

    Ternyata Multiply Indonesia adalah team suksesnya Facebook n Twitter.....
    digaji berapa pak admin n buk admin ama FB n Tweet yaaaa...?

    BalasHapus
  8. Hal yang tidak terpikirkan oleh Tim Multiply Indonesia adalah bahwa kepercayaan antara buyer dan seller itu terjalin melalui keakraban ber OOT-ria plus penyegar Gejeisme. Psikologi ini sepertinya belum pernah diajarkan di sekolah-sekolah bisnis manapun, bahwa keakraban bisa saja meningkatkan revenue, karena berlandaskan kepercayaan dg semangat kekeluargaan.
    Mereka Tim Multiply Indonesia malah menetapkan standar yang kaku.

    BalasHapus
  9. hakakakak sompret tenan

    oh ya buat para ONLINE SELLER, kami minta maaf jika tulisan ini sedikit ada di sisi seberang..

    Buat para non SELLER, TETAP HARGAI kegiatan mencari rejeki di Internet para Online seller..

    Ya sapa tahu tulisan ini kebaca MP Indonesia, dan mereka harus menentukan kebijakan yang menguntungkan semua pihak

    BalasHapus
  10. om bimo aku permisi numpang baca ya. salam kenal.

    BalasHapus
  11. huahaha server not found haha

    BalasHapus
  12. Ya semoga mereka bisa mendengar itu mas. Mungkin para admin itu masih berpikir profit belaka sementara ini

    BalasHapus
  13. monggo monggo... ini bebas dibaca siapapun kok.. semoga terbaca oleh para pembuat kebijakan :)

    BalasHapus
  14. bagiku:
    bikin back up selalu penting...!!!

    BalasHapus
  15. iya kang, pacar backup juga penting

    BalasHapus
  16. eh akhirnya mampir ke tempate Lik Bimo jugaaa...

    Ide sampean mengenai hari senin besuk brilian banget makkk... *ikut manggil emak aja ahh... #sokkenal :))

    BalasHapus
  17. wakakkakakak.....

    yang paling penting adalah punya selingkuhan FB n Tweet mbok ya gak usah di gembor2 kan sebagai kuis gitu lhoo.... :))

    BalasHapus
  18. ide apa yaaa bagi bagii bagiii

    oh ya.. mas tri... bener je.. ternyata mereka suksesor twit dan fb

    BalasHapus
  19. ya itulah mas, karena mereka bukan fanatis MP.. mereka menggunakannya untuk keperluan profit..

    CONFUSIUS SAYS:"SUPERIOR MAN UNDERSTAND WHAT IS RIGHT.. INFERIOR MAN UNDERSTAND WHAT WILL SELL"

    BalasHapus
  20. hihihihi... mungkin pengen menciptakan simbiosis mutualisme mas...
    kayak twitter sama blogger
    twitter punya blog.twitter.com
    blogger punya id @blogger di twitter

    BalasHapus
  21. padahal twitter dan fb nggak punya MP lho

    BalasHapus
  22. lha itulah masalahnya... ish!

    BalasHapus
  23. yahhh
    baru mau berlogika balik malah dah keduluann....

    BalasHapus
  24. trus gimana yaaa....
    *ngeliat langkah para admin itu, serius aku masih ngakakkk......

    BalasHapus
  25. jangan panggil aku mamak lah om.. panggil aja si eneng *halah!!
    hu uh om aku gemes aja sekian panjang lebar komentar koq yo ditinggal ngono ae.. kyk abis pipis ga disiram hiii..hi...

    BalasHapus
  26. hahaha mbatin "yo opo maneh mas golek duik"

    BalasHapus
  27. Saya mulai berpikir gini.. KOMUNITAS kita yang terbangun dengan sendirinya, tanpa dana, tanpa macam-macam, hanya dari tulisan ke tulisan, dan PM ke PM.. ternyata memperkuat kita.. memperkuat persahabatan, silaturahmi, dan lain sebagainya.. tulisan dan daya berargumentasi rekan-rekan juga makin baik. Kemampuan berstyling dengan MP juga makin hebat.. tanpa modal..

    Tapi tiba-tiba agak aneh juga ketika dua geng MP yang satu tanpa obsesi dan oerientasi profit, dan yang satunya memang tujuan itu... dan akhirnya yang diunggulkan fasilitasnya adalah para online seller... rasanya aneh ya komunitas kita lama lama tergusur

    BalasHapus
  28. ya aneh memang ya... mereka mestinya dulu bukan MPer kali

    BalasHapus
  29. lhaaa. mari kita siram mereka rame rame hahahahaha

    BalasHapus
  30. nah itulah kenapa sampai saat ini walaupun saya punya "back up" di web lain saya tetap kembali ke multiply. Walaupun web saya yang lain tetap dibaca orang nggak ada yang senyaman iniiiiiii swear deh *kecup satu2 kontak mp*

    BalasHapus
  31. kalo aku bilang mereka dulu biasa pencet tombol "Like" ato "Following" ini bakalan makin dibenci kali yak akunya ama mereka... :))

    BalasHapus
  32. cari uang itu sah saja.. kita ngempi juga saah kok... cumaaa.... ya itu tadi.. kita yang semula berblogging MENGHIDUPKAN MULTIPLY dengan FANATISME yang ikhlas... harus segera melipir.. gigit jari aaah

    BalasHapus
  33. om aku ga komen ya.. ntar pagerank situ jadi tinggi.. hihiii.. *ampun takk!

    BalasHapus
  34. ya mereka khan hobinya submit di guestbook orang

    BalasHapus
  35. kalau malas lewat sini, lewat sms aja biar nomer saya pageranknya naik

    lhoo

    BalasHapus
  36. benullll (bener + betul),
    tapi ada benernya juga argumentasinya Lik Bimo tadii, sapa tahu itu di sengaja buat nyari index google...

    lah kebukti ternyata sekarang adminnya barusan posting artikel baru tuhh.... http://indonesia.multiply.com/video/item/2/Membuka_Toko_di_Multiply_-_Semudah_1_2_3..

    BalasHapus
  37. sama persis mBakkkk
    saya akui merasa nyaman n enjoy ya disini....

    BalasHapus
  38. tapi GB sendiri di hapusin tuhhh...
    gak tanggung2 mosok ngapusin sampe 42 tuhhh, edyan ra kathokan tenan ik....

    42 comments were deleted from this guestbook

    BalasHapus
  39. dah males om kasi penjelasan. lah pan prempuan lebih rame kalo ngobrol. ehehee... :p

    BalasHapus
  40. terbukti ga pengen ga komen :))

    BalasHapus
  41. semudah 1 2 3

    haduw kita cari pagerank aja 5 tahun hahahaha

    BalasHapus
  42. aishhhh prexxx.....

    sampean wis duwe bojooo, aku waeeeee......
    mBak eneng sms yakkk....? :))

    BalasHapus
  43. hakakakak...lha ya memang kalau disini memang tempat bertengkar orang mbak

    BalasHapus
  44. tentu yang exist adalah yang memihak padanya, dan yang tidak exist adalah yang tidak berpihak padanya hahahah

    BalasHapus
  45. Mas Trie.. tuh pake bahasa Indonesia yang baik dan BENAR

    BalasHapus
  46. lagian Lik Bimo itu yaaa...
    dah tak kandhani bolak balik dipenging pake basa Jawa kok ya masih ngeyel taa...
    wakakakkaak

    BalasHapus
  47. nganu mBakk, nganuuuu....

    ehmmm, apa yaaa...
    duh jadi malu ndirii....

    (nutup muka) nomer hengpon mBak berapaaa, Lik Bimo mau ngebeliin pulsa tuhhh, transaksinya lewat OS lhoo... :))

    BalasHapus
  48. tuh adminnya takkasih peringatan merah merah ... orang yang nggak online shop aja 24*7 je, mosok yang sana adminnya banyak kok nggak 24*7

    BalasHapus
  49. mas bimo numpang baca sambil tidur yak Zzzzzzzzzzzzz.....

    *lam kenal mas ^_^

    BalasHapus
  50. monggo salam kenal jugaa.. sugeng tidur.. hati hati, sebelum tidur hendaknya mata rilex dulu dong, biar nggak keserang minus

    BalasHapus
  51. pulsaku malah entek je, tak charge ra tambah tambah

    BalasHapus
  52. brasa di srimulat om.. hiiihii.. hiii...
    pulsa? bayarin aja deh spatu2 gue... :D

    BalasHapus
  53. nukkkk... ga usah bobo deh temenin gw ngeronda aja deh...

    BalasHapus
  54. enggak ahh,,,
    ntar kena 3,9% #mlengos

    BalasHapus
  55. Baru ngerti Bim, ternyata Indonesia udah dijual ya?
    Lewat online seller-nya MP pulak...

    BalasHapus
  56. malah do gelut... wis omtri..pek bojo wae

    BalasHapus
  57. wkwkwkwkwkw....cari warung dulu yang bisa diutang udud nya :))

    BalasHapus
  58. iya e mas luq.. gek gambare pada narsis :D

    BalasHapus
  59. lhah, ndadak ngudud.. stop smoking to

    BalasHapus
  60. ngerti artinya ROAMING gak seh om bim? hrr.. !

    BalasHapus
  61. hahahahaha....termasuk gambarku yo mas :))

    BalasHapus
  62. Tapi paling nggak MP itu nggak kayak Kompasiana. Udah beberapa tulisanku di-delete sama Kompasiana sama adminnya. Sejak itu juga aku males nulis di kompasiana, padahal yang ngajak aku buat ke sana juga temenku wartawan Kompas buat ngerame-ramein di sana, jaman-jamannya Kompasiana belom sebesar sekarang.

    BalasHapus
  63. deuuu.. transaksi diem2 aja ga usah ke blog huahahaa..

    BalasHapus
  64. siap!! perlu pake dunhillku nuk? masi banyak loh..

    BalasHapus
  65. tauk tuh si nuke. dah dibilangin ngeyel

    BalasHapus
  66. kemarin memang di Jogja ada ketemuan sama admin kompasiana mas.. memang mereka ada kebijakan megganti judul mengganti tulisan juga.. dan juga memang menghapus tulisan..

    Ya memang multiply masih lebih prof.. tapi untuk kali ini sepertinya para admin harus memberikan kebijakan khusus.. agar semua sama nyamannya

    BalasHapus
  67. Itu juga yang bikin aku nggak nyaman sama kompasiana.
    Di politikana malah kelewat seriyus, serem sendiri akunya.

    BalasHapus
  68. bangun cuma mau bilang ini:
    "sayang yahhhh semua account multiplyindonesia dan yang nyrempet2 namanya, udah diambil semua sama komunitas multiply indonesia yang BLOGGER, bukan SELLER" heheheeeeee...

    *merem lagi*

    BalasHapus
  69. qiqiqiqiqi...siappp mas....la nama iks suguhannya ? *kopi item kek mas...atau yang warna warni boleh juga dikeluarin :))

    BalasHapus
  70. buat sendiri aja yuk mas

    tapi sopo sing mbayari sewa server hahahaha

    BalasHapus
  71. aku sedih...
    nama Multiply Indonesia itu adalah nama pertama kita sebagai komunitas blogger...
    sejak 2004... sekarang jadi komunitas seller... sedihnya...

    BalasHapus
  72. :) iya mbak.. soalnya lebih tua hahahah

    BalasHapus
  73. simpen aja dulu neng....ntu yang punya rumah dah bilang no smoking :p

    BalasHapus
  74. katanya mau bobooook.. piye to :D

    BalasHapus
  75. kopi addict juga ya? saya jelas kopi addict.. maka bisa melek 24*7 :)
    besok komunitas sellernya kita tawarin kopi itu biar bisa online terus seperti saya :))

    BalasHapus
  76. lhooo aku ra nggusah mbak.. cuma membuat mbak ari jujur aja .. lha katanya bobok... hahahaha
    kecuali kalau bilang : ini ditulis sambil mimpi hahahah

    BalasHapus
  77. ncen ngeyelan tenanowk wong siji ikii...!!!

    BalasHapus
  78. gereeeeeeeeeettttttttttttttttttttt.....!!!

    BalasHapus
  79. aku yang mau "nggusahhhhh"

    #mendelik

    BalasHapus
  80. Ya memang orang blogger MP memang tangguh2 nek kon melek

    BalasHapus
  81. wakakakakak... sesuk tak nggawe ah.. KOMUNITAS OOT

    BalasHapus
  82. aku jane meh nulis tutorial macem macam buat MP.. tapi dadi males.. heheheh

    BalasHapus
  83. wakkakkak..

    gantian aku sing mlayuuuuuuuuuuuuuuuu....

    BalasHapus
  84. balang sandaaaaal

    eh sandale khan dijual di Online Seller

    BalasHapus
  85. cekel... taleni...

    durung sah kalo the Real Presiden MPID belum ngasih kata sambutan di lapak Multiply Indonesia yg lagi kisruh

    BalasHapus
  86. waaaa....kopi apalagi ne mas ? *boleh ne ...kopi aceh bentar lagi mo abis nee :))

    *bagi juga ke team indo.mp tu mas...biar betah melek qiqiqiqi

    BalasHapus
  87. sekarang belum saatnya Masss....
    kita yang kroco aja dulu ngrecokinnn, kalo presiden mah urusannay belakangannn....
    dan keknya presiden yang satu ini jauh dari pencitraan kokk, apalagi ngandelin kata "prihatin" :))

    BalasHapus
  88. ho oh mbah, mau njenengan masang bendero setan nang kana ya... aku bendera merah putih sik

    BalasHapus
  89. presidene lagi bobok jarene hahaha
    dia malem setu tidak 24*7

    BalasHapus
  90. saya sebenarnya mau nulis macam macam tutorial di MP.. tapi jadi malas

    BalasHapus
  91. lah bukannya dah digelar dilapan OS mbakk...? :D *melet*

    BalasHapus
  92. ini yang sekarang saya pegang:
    kopi bengkulu
    kopi aceh
    kopi toraja
    kopi flores
    kopi jawa
    kopi lampung

    gimana.. mau beli??

    BalasHapus
  93. misiii.. ada dunhil gak disini?

    BalasHapus
  94. hushhh.. bendera merah putih jadi barang bukti sekarang setelah aksi teatrikal itu

    BalasHapus
  95. kok ditempatku adanya danieltumiwa yaaaaa........ *rollingeyes

    BalasHapus
  96. oh iya ding...

    langsung melipiirr.. besok tak bawa bendera partai

    BalasHapus
  97. kui GB ne kon ngopo?? diiseni dodolan hosting po?

    BalasHapus
  98. ya nek gelem dodolan kono wiss... :)

    BalasHapus
  99. hahahah ora ... tak moco moco sik nang piyayine
    njenengan ra ngglethak po kang

    BalasHapus
  100. Makasih pencerahannya Mas. Berarti MP mau diarahkan jadi kayak eBay gitu ya?

    BalasHapus
  101. enggak Lik,
    iki nyambi nggarap sesuatu jee....
    sampean nek meh leren sik konoo.....

    BalasHapus
  102. kita membaca seperti itu mas/mbak... coba saja kita lihat di MarketPlace, kemudian yang terbaru adalah tab cart di pojok kanan atas http://multiply.com/marketplace/productorders/cart
    dan kemudian tab order di menu sebelah kiri yang sepertinya saya lihat kemarin ada, tapi mungkin sekarang hanya untuk para online seller saja...

    kemudian saya lihat di MP teman yang online seller, fasilitas viewing history dan lain lain lebih dilengkapi.. dan sebenarnya itu tidak masalah bagi kita

    yang kita pandang masalah adalah brand Multiply sendiri.. seperti kata mbak Arie tadi.. komunitas blogger yang akhirnya diubah jadi komunitas seller.. kita seperti tinggal dikampung yang siap digusur untuk dibuat mal

    BalasHapus
  103. mau diarahkan jadi LEBAY kali nekkk..... :D *melet*

    BalasHapus
  104. yo tanggung... subuh delo meneh... tur mosok sih wong MP er kok tidak 24*7

    BalasHapus
  105. Jadi ingat MP dan akar katanya hehehe..
    Masyrakat Pasar

    BalasHapus
  106. TEPATT hahahahaha bener bener...

    BUKAN EBAY tapi LEBAY

    BalasHapus
  107. wakakakakak....
    ra bakal diakui nek ngono kuwi wisss

    BalasHapus
  108. khan dulunya Masyarakat Penulis hahahaha

    BalasHapus
  109. ho oh, paling sesuk account e dewe do diciaki sisan

    BalasHapus
  110. hihihi..
    buen ahh, aku wis nekad owkkk, ha kebacut nyempung mosok ra wani nggetih taa... :))

    BalasHapus
  111. ho oh.. wis njegur mesti teles e.. ki sesuk accountku paling do disambangi bolo seller :))

    BalasHapus
  112. Iya dulunya Majelis Penulis dan Mading Photographer..

    BalasHapus
  113. kalau saya ya beda mas...

    Misuh Pol

    BalasHapus
  114. nah disini... telah datang subuh
    pada Allah mari kita bersimpuh
    biarlah dosa segera luruh
    Dan hati tak lagi keruh

    BalasHapus
  115. oh ya.. uh
    tak perlu misuh
    yang penting patuh
    pasti besok hari buruh

    BalasHapus
  116. wakkaka
    gak papa, iki mau ya wis ana 2 sing nyambangi kok nggonaku...

    BalasHapus
  117. jujur aku tidak menyalahkan para online selller kui.. tapi jika KASKUS saja rulenya bisa jaln sehingga semua sama nyaman.. kenapa di MP tidak.. toh kaskus berhasil membuat SEGMEN bahwa dia ya obrolan yo pengumuman yo resmi dan juga jualan..

    BalasHapus
  118. liktri, aku tak shubuh sik... sekali kali aku tak berlibur seperti para admin indonesia.mp kae, sejenak setelah subuh tak ngglethak...

    njenengan yo mengko ono kegiatan to.. leren siiik ... ngeluk geger

    BalasHapus
  119. betulll.....

    dan secara pribadi aku juga tak mau muluk2 dikasih space atopun ingin menjadi "terkenal" kokk...
    dengan MP sudah nyaman toh kita bisa nyaman, hanya saja kalo keadaan kek gitu didiemkan ya kedepannya ku gak njamin mereka bisa profesional lhoo...

    Lets see, reaksi mereka aja Lik....

    BalasHapus
  120. jadi kapan kita demooooooooooooo?????

    BalasHapus
  121. Kok Mbak Niez baru muncul?
    Di sebelah nggak ikutan, Mbak?

    BalasHapus
  122. Woo udah liat-liat bentar kmaren, tp lum ramein...

    BalasHapus
  123. warisan orde baru. anak buahnya mbah harto kali, atau jangan2 kaki tangannya.

    BalasHapus
  124. KEnapa dihapus? mengandung SARA kah? Menyerang Kompasiana kah?

    BalasHapus
  125. Admin nya Multiply juga tawarin, biar online terus. Jangan ngetweet molo, empinya dianggurin.

    BalasHapus
  126. Embuh wis...no reken...blogging jalan terus..

    BalasHapus
  127. Kaskus adminnya kaskuser juga, sudah paham seluk-beluk dan nature-nya gimana. Kalo admin MP? Lapak dedengkotnya aja masih prematur begitu. Makanya mereka harusnya sih lebih banyak mendengar dan mengakomodasi, bukan hajar dari atas seperti mental penguasa saja.

    BalasHapus
  128. Ha...ha...ha... cocok Cuuuu. Eh, Mas Bimo iki kebingungan akan genderku lo. Kok tahu ya kalo aku hermaprodit?

    BalasHapus
  129. Selama masih bisa blogging, jalan terus saja

    BalasHapus
  130. Aku meluuuuuu! *siapin panci buat dibanting*

    BalasHapus
  131. abisnya sampean tuh keseringan menggeliat-nggeliat sihhh...
    persis cacing (yang hemaprodit) kepanasan

    wakakakakkak....

    BalasHapus
  132. paling juga diem aja, yang penting lapak mereka laku toh

    BalasHapus
  133. jare sesuk mbak, aku wis siap bengsin iki

    BalasHapus
  134. saya lebih kenal daniel yudoyono

    BalasHapus
  135. pokoke gelut gelutane diteruske mas.. tarik..

    BalasHapus
  136. secara tampilan, memang MP bagus kok mbak.. kaskus khan forum.. tapi ya itu tadi, sebenarnya memang kaskus didesain untuk lakunya konten dan KOMUNITAS.. ini yang miskin didalam pembangunan MP

    BalasHapus
  137. hahaha ngerti aja mbas... (mbuh mbak mas atau mbah)

    BalasHapus
  138. jane opo to mas jenis gender e

    BalasHapus
  139. disini malah rame hehehe om bimo jd adwin wae :p

    BalasHapus
  140. kalo saya gara-gara kemarin nerbitin buku indie akhirnya jualan lewat MP, liat aja di HS saya tertulis online seller. tapi sehari-hari saya tetep ngeblog karena memang saya aslinya blogger, jualannya ya hanya pas nebitin novel aja.
    hmm jujur saja kalau buka MP sekarang jadi berasa kayak nyasar habisnya yang muncul adalah daftar barang-barang semuaaa.
    ya semoga MP Indonesia mau mendengar aspirasi dari para bloggernya.

    BalasHapus
  141. hahahaa jangan, kalau saya jadi admin, MP adalah jadi situs Preman :))

    BalasHapus
  142. Huh! Sesama cacing kok malah saling menghina. Neneknya cacing, cucunya ya cacing donk.. mosong jd kucing.

    BalasHapus
  143. saya tidak tahu kalau mas ihwan online seller.. tapi njenengan jelas berinteraksi dengan enak bersama non seller.. saya juga tidak menyalahkan para seller dalam hal tidak berinteraksi dengan baik dengan para non seller.. tapi memang KONDISI yang diciptakan bos MP seperti itu.. dan sepertinya memang diarahkan menjadi pasar online.. saya juga paham banyak online seller menggunakan toh juga sebatas kebutuhan mereka.. sah kok.. cuma kondisi ini yang membuat para blogger asli harus mulai melipir ke pojokan

    BalasHapus
  144. ooh ini emak emak ya ternjata hahahahaha

    BalasHapus
  145. Ya kalau sadar karbitan mestinya lebih banyak belajar dan dilakukan sebelum buka dan woro2 donk.

    BalasHapus
  146. Artinya konsepnya dari awal sudah gak jelas? Atau ini kesalahpahaman admin pusat dalam memahami geliat MP lokal?

    BalasHapus
  147. Ha..ha...ha.. hermaprodit panggilannya opo yo? Kalo Her kok ya kayak Hitler.

    BalasHapus
  148. Coba aku cek dulu ya Mas... sapa tahu udah berubah jd bapak2.

    BalasHapus
  149. GBku wis suwi tak tutup, ben gak diganggu karo spam OS

    BalasHapus
  150. Situs Preman???

    Absolutely! wkwkwkwkwkwkwkk

    BalasHapus
  151. ha iyo to mas, biasane yo do geluds

    BalasHapus
  152. Mas Bimo,
    walau saya belum cukup senior, tapi 4 tahun di MP saya sudah cukup memahami bahwa MP dibangun dengan kedekatan hati para usernya. 'Komunitas lewat hati' ini adalah aset yang berharga dari pada komunitas instan yang pragmatis. Oleh karena itu, selama ini masih terjaga diantara kita, maka kita jalan terus. Jangan pudar semangat ngeblognya mas Bimo!

    BalasHapus
  153. Yang instant biasanya tidak bertahan lama kok..interaksinya juga tidak dalam

    BalasHapus
  154. KIta lihat saja nanti...hehehehe

    *puas wis nge-OOT ning kono*

    BalasHapus
  155. SIAP mas.. saya juga nggak beda jauh ko lahirnya MP ini dengan MP njenengan.. itulah bedanya MP dengan yang lain. hampr semua teman MP saya belum pernah bertemu sebelumnya.. dan hasinya adalah saya dekat dan saling percaya, kita juga paham karakter masing masing ... mari kita lanjutkan

    BalasHapus
  156. Hehehehhe...yuk mareeeeee...

    *didelete ora urusan mburi*

    BalasHapus
  157. nek nang kene ra ono delet deletan kecuali wong nyepam

    BalasHapus