Rabu, 14 April 2010

Band Rock n Roll Tertua Asal Maluku




Silakan baca deskripsi lengkap di http://id.wikipedia.org/wiki/The_Tielman_Brothers, dan Silakan cari di Youtube

Berikut sedikit ulasan dari wiki:


The Tielman Brothers adalah sebuah grup musik asal Indonesia. Musik mereka beraliran rock and roll, namun orang-orang di Belanda biasa menyebut musik mereka Indorock, sebuah perpaduan antara musik Indonesia dan Barat, dan memiliki akar di Keroncong. The Tielman Brothers adalah yang band Belanda-Indonesia pertama yang berhasil masuk internasional pada 1950-an. Mereka adalah salah satu perintis rock and roll di Belanda. Band ini cukup terkenal di Eropa, jauh sebelum The Beatles dan The Rolling Stones.

The Tielman Brothers pernah tampil di Istana Negara Jakarta dihadapan Presiden Soekarno.[1] Mereka adalah anak dari Herman Tielman asal Kupang dan Flora Lorine Hess asal Semarang. Karir rekaman mereka dimulai ketika keluarga Tielman pada tahun 1957 hijrah dan menetap di Breda, Belanda. Nama The Tielman Brothers lebih dikenal di Eropa, terutama Belanda. Di Indonesia sendiri, nama The Tielman Brothers masih menjadi nama yang asing, sebuah kenyataan yang sangat disayangkan.
Aksi panggung The Tielman Brothers yang atraktif

The Tielman Brothers dipercaya lebih dulu memperkenalkan musik beraliran rock sebelum The Beatles. Aksi panggung mereka dikenal selalu atraktif dan menghibur. Mereka tampil sambil melompat-lompat, berguling-guling, serta menampilkan permainan gitar, bass, dan drum yang menawan. Andy Tielman, sang frontman, bahkan dipercaya telah mempopulerkan atraksi bermain gitar dengan gigi, di belakang kepala atau di belakang badan jauh sebelum Jimi Hendrix, Jimmy Page atau Ritchie Blackmore



Saksikan aksi panggung dari Basis, Gitaris, hingga drummer gila yang memukul drum hingga bolak balik.. Ada yang bisa meniru? Dan mereka sudah melakukannya tahun ketika pak Karno berproklamasi.. Beatles? Van Halen? belum lahir tuh...

7 komentar:

  1. iki keren kang, aq pertama tau 2 tahun yg lalu ketoke.

    BalasHapus
  2. ternyata wong Indonesia ki piye2 tetep hebat to

    BalasHapus
  3. aku tak hendak melunturkan iman nasionalismemu dab,.. tapi ngasih tahu aja bahwa dengan ngasih judul band asal maluku itu sebagai group band tertua, yah... agak berlebihan sebenarnya.

    Akarnya blues, imigran afro-amrik yg mulanya bikin, terus berkembang... sampai ada rock n roll awal di sana. Lumayan jauh sebelum Tielan bersaudara eksis.

    Ke dua, ada banyak banget group asal maluku di belanda. Tielman hanya salah satunya. Tapi emang grup ini yg paling heboh aksi panggungnya.

    ke tiga, Andy sendiri enggan menyatakan kenasionalismeannya itu.

    ke empat, para musisi di belanda itu kebanyakan exile RMS dsb..

    ke lima, mereka mulai exis tahun 50an, ya itu lima tahun setelah proklamasi.

    Ke enam, aku gak mau membenturkan aksi berkesenian yg acap dianggap hura-hura dengan aksi grelia di hutannya pak Sjaf yg menyelamatkan Indonesia dengan bikin PDRI misal.

    Tapi Yo wis, aku dulu sempat pingin nulis Tielman Bros ini, nggak jadi. Aksi panggungnya emang oke punye

    BalasHapus
  4. woo jebul RMS to ya? Tapi memang banyak juga beberapa cerita dan bukan cuma di band, rang Indonesia yang enggan menyatakan ke Indonesiaaannya.. dan milih pergi ke negeri Belanda..

    Oleh karena itu saya sangat hormat pada bapak Kwik Kian Gie, yang dia nyata-nyata dianggap warga negara nomer dua di Indonesia, namun saat itu dia bisa kuliah di negeri belanda dengan biaya sendiri, dn tetap menunjukkan nasionalisme yang sangat hebat. Saat itu pak Karno menarik seluruh mahasiswa tugas belajar yang di Belanda untuk pulang, selain yang bayar sendiri.. Hebatnya Kwik ini malah membuat gerakan pro Indonesia di negeri belanda..

    Kok malah OOT

    BalasHapus
  5. mereka bukan RMS, tapi kalo RMS pun kita bisa melihat lagi sejarah dari sudut lain. siapa tahu kita selama ini terlalu di bombardir sejarah dari sisi mainstream yg sebenarnya bukan kemauan kita.

    yo wis lah, gak usah diteruske OOT kita. Band ini tetep hebats!

    BalasHapus