Sabtu, 24 April 2010

[Math]Dolanan Visualisasi Matematika

Tiba-tiba saya jadi rindu berbagai permainan Matematika yang pernah diajarkan oleh pengajar saya di jaman sekolah dulu oleh guru saya, Dr Ir Sutrisno MSME. Banyak permainan matematika yang sedikit berpengaruh pada psikologis yang melihatnya. Dengan permainan itu, ternyata cukup bisa diterapkan juga diberbagai kehidupan.Iseng-iseng saya lihat di StumbleUpon yang saya telah menjadi member sejak lama. Sekali klik tombol stumble di toolbar Firefox saya, dapatlah situs http://www.billthelizard.com. Inilah sedikit ceritanya:


Ternyata, suatu angka pecahan, yang dijumlahkan dengan pangkat dua, tiga dan seterusnya akan membentuk pola yang bagus, hasil yang memiliki pola teratur juga.

Dalam billthelizard, dijelaskan seperti ini:
  1. (1/4)1 + (1/4)2 + (1/4)3 + (1/4)4 + (1/4)5 + . . . . = (1/4)+(1/16)+(1/64)+(1/256)+... ≈ 1/3



  2. (1/3)1 + (1/3)2 + (1/3)3 + (1/3)4 + (1/3)5 + . . . . = (1/3)+(1/9)+(1/27)+(1/81)+... ≈ 1/2





  3. (1/2)1 + (1/2)2 + (1/2)3 + (1/2)4 + (1/2)5 + . . . . = (1/2)+(1/4)+(1/8)+(1/16)+... ≈ 1/1 1



Untuk kasus yag nomer tiga/terakhir ini saya jadi ingat suatu cerita tentang Bacalaureat Science termuda di Inggris yang saat berusia 9 tahun dia telah dapat memecahkan berbabai persoalan Calculus tingkat Universitas. Pada usia 1 tahun sebelum dapat berjalan, dia telah memiliki kebiasaan menghitung tangga dan menghitung pecahan kue. Dan sebelum berusia dua tahun dia telah mengatakan pada ayahnya:"Ayah, kalau separuh kue, tambah separuhnya lagi, tambah separuh dari separuhnya lagi, khan tidak mungkin menjadi satu kue utuh khan..."
Sebuah pertanyaan yang mengarah ke awal dari Calculus: LIMIT

Kelanjutan dari tambahan permainan visualisasi ini bisa dilihat di billthelizard..

15 komentar:

  1. podo kang hahahahaha.. aku yo diajari wong mumet

    BalasHapus
  2. iku keajaiban matematika juga :D

    BalasHapus
  3. nyoha, kaga ada abisnya
    *jadi keinget ama cacing2 berpangkat banyak
    huahahahaaaa

    BalasHapus
  4. saya juga lagi baca baca cacing cacing integral :D kayaknya sudah jadi bodoh ini diiri saya, perlu belajar lagi

    BalasHapus
  5. haiyahhh....
    mbiyen ra isa saiki lali......

    BalasHapus
  6. huahaha
    eh eh.. emang tuh cacing kepake buat apa yaks?
    dah lama banget kaga make2 rumus

    BalasHapus
  7. wediyan... aq ket mbiyen kok puyeng nek kon nggarap limit fungsi, integral dan sejenisnya. Ngene kok iso lulus yo aq mbiyen? hahahaha...

    BalasHapus
  8. Tuhan mengirim malaikat bernama Phi ke bumi bagi manusia yang penasaran di mana Dia.
    Clue: Arsy berada ujung akhir sayapnya. Maka, kalau mau ketemu Tuhan, cari tahu dulu ujung (sayap) Phi.

    Konon begitu.

    BalasHapus
  9. hwe...he...he.... pecahan ginian nek diterapken n dol tinuku trus piye jal??

    BalasHapus
  10. wuah, nek aku diwenehi soal matematika mending tak kon nggarap kancaku njuk aku kari nyonto, beris...! :)

    BalasHapus